7 Makanan Sehat untuk Umur Panjang, Cocok Dikonsumsi untuk Usia Muda hingga Lansia

7 Makanan Sehat untuk Umur Panjang, Cocok Dikonsumsi untuk Usia Muda hingga Lansia

Makanan Sehat untuk Umur Panjang--freepik.com/gpointstudio

Makanan sehat untuk umur panjang yang berikutnnya adalah alpukat.

Makan sekitar 4 buah alpukat seminggu adalah cara yang masuk akal untuk mewujudkan keinginan untuk hidup lebih lama dan lebih sehat.

Hal ini karena alpukat mengandung lemak sehat yang memperlancar penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, yaitu vitamin A, D, E dan K.

Selain itu, buah-buahan yang dilaporkan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini juga kaya akan beta-sitosterol, senyawa yang menurut para ahli dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

Bahkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Seminars in Cancer Biology pada tahun 2007, ditemukan bahwa buah ini secara selektif dapat menyebabkan penghentian siklus sel, menghambat pertumbuhan dan menginduksi apotosis pada jalur prakanker dan kanker.

Dengan kata lain, alpukat dapat menghambat pertumbuhan sel kanker sehingga berhenti tumbuh dan kemudian mati.

6. Biji-bijian utuh

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam BMC Medicine menunjukkan bahwa makan lebih banyak biji-bijian setiap hari dapat membantu mengurangi risiko kematian akibat sejumlah penyebab, termasuk kanker dan diabetes, hingga hampir 20%.

Beberapa contoh makanan biji-bijianutuh yang dapat dipilih sebagai camilan sehari-hari antara lain quinoa, millet, oat, barley, sorgum, dan beras merah.

7. Kacang

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health, diketahui bahwa orang yang suka makan kacang setiap hari memiliki peluang 20% untuk hidup lebih lama dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsinya atau bahkan menghindarinya sama sekali.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa mengonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang cukup setiap hari bermanfaat untuk menurunkan kadar LDL sekaligus meningkatkan kadar HDL, serta untuk menurunkan tekanan darah dan respons tekanan darah terhadap stres.

Selain itu, komposisi bahan-bahan yang terkandung dalam kacang-kacangan, antara lain pistachio, hazelnut, almond, kacang mede dan beberapa lainnya, memiliki sifat kardioprotektif, anti karsinogenik, antiinflamasi, dan antioksidan.

Protein dan serat yang terdapat dalam kacang-kacangan juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama untuk mengekang keinginan makan berlebihan.

BACA JUGA:Bapak-bapak Wajib Tahu, Manfaat Susu yang Bisa Bikin Tidur Nyenyak dan Berumur Panjang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: