Resep Rahasia! Inilah Rebusan Daun Pandan bisa Menurunkan Kolesterol Aman Dikonsumsi Lansia 60 Tahun ke Atas

Resep Rahasia! Inilah Rebusan Daun Pandan bisa Menurunkan Kolesterol Aman Dikonsumsi Lansia 60 Tahun ke Atas

rebusan daun pandan bisa menurunkan kolesterol-ilustrasi rebusan daun pandan bisa menurunkan kolesterol-Shopee

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Tahukah kalian bahwa rebusan daun pandan bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, daun pandan ini  memiliki kandungan nutrisi yang berperan dalammenurunkan kadar kolesterol jahat.

Yups, selain memiliki aroma yang khas dan dimanfaatkan sebagai pewarna alami pada makanan, pandan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia.

Nah, salah satu khasiat daun pandan ini yakni mampu mencegah kolesterol. Untuk itulah rebusan daun pandan ini bisa dijadikan sebagai obat alami dalam mengatasi kolesterol.

Berdasaran penelitian yang dilakukan oleh peneliti jurusan Kesehatan Hewan dari Institur Pertanian Bogor menemukan bahwa daun pandan ini memiliki sifat antikolesterol.

BACA JUGA:Inilah 10 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan, Dari Obat Kumur hingga Menurunkan Kolesterol

BACA JUGA:Inilah 7 Resep Herbal untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Ampuh Jaga Kadar Kolesterol Tetap Aman

Tidak hanya itu saja, pemilihan daun pandan bisa untuk menurunkan kolesterol ini yakni karena kandungan tanin pada daun yang bisa mengikat empedu di usus yang akhirkan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui feses.

Daun pandan ini juga mengandung kandungan fenol. Kandungan ini juga mampu menghambat oksidasi kolesterol LDL yang akhirnya dapat menurunkan kecenderungan untuk memiliki kelebihan kolesterol pada tubuh.

Sementara itu, kolesterol sendiri merupakan suatu zat metabolit yang mengandung lemak sterol. Senyawa ini berbentuk seperti lilin dan terdapat dalam sel manusia serta hewan.

Kolesterol dalam darah ini bisa meningkat karena lemak jenuh ini masuk ke dalam tubuh yang seringkali didapat dari makanan hewani. 

BACA JUGA:8 Manfaat Air Rebusan Jahe dan Serai untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dan Gula Darah, Bapak-bapak Wajib Coba

BACA JUGA:Cegah Kolesterol! Inilah 6 Daftar Minuman Tinggi Kalsium untuk Menguatkan Tulang yang Aman Dikonsumsi Lansia

Sementara itu, lemak yan terkandung di dalam tumbuhan ini biasanya merupakan lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kadar kolesterol darah.

Adapun beberapa resep rebusan daun pandan bisa menurunkan kolesterol yang dapat menjadi obat pembantu mengatasi kolesterol yakni sebagai berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: