Apa Saja Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung yang Memicu Asam Lambung Naik? Ini Daftarnya!

Apa Saja Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung yang Memicu Asam Lambung Naik? Ini Daftarnya!

buah yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam lambung-ilustrasi buah yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam lambung-youtube.com

Alasan buah cokelat tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah buah ini mengandung kafein yang mana dapat memicu gejala GERD, seperti heartburn atau dada terasa terbakar.

Tidak hanya itu saja, kandungan methylxanthine pada cokelat juga bisa memicu melemahnya otot-otot di kerongkongan, sehingga asam dan makanan di lambung berisiko naik ke kerongkongan yang menyebabkan mual dan muntah.

2. Jeruk

Buah yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam lambung yang selanjutnya adalah buah jeruk.

Kandungan asam yang dimiliki buah jeruk ini dapat menjadi pemicu asam lambung baik dengan gejala seperti mual dan mulas.

Namun, bagi kalian yang tetap ingin memakan buah ini, kalian bisa mengurangi keasaman buah tersebut dengan meminum air putih atau air alkali setelah makan buah jeruk tersebut.

BACA JUGA:Inilah 5 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung Agar Asam Lambung Tidak Melonjak Tiba-Tiba

BACA JUGA:Segera Atasi Sakit Lambung! Inilah 6 Obat Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung yang Wajib Dicoba

3. Cabai

Bahan pembuatan saus pedas ini juga merupakan jenis buah yang dianjurkan untuk dihindari penderita asam lambung.

Karena rasa pedas yang berasal dari zat capsaicin ini dapat menyebabkan iritasi pada dinding lambung dan tentunya menjadi pemicu meningkatnya produksi asam lambung.

4. Tomat

Menurut botani, tomat merupakan salah satu jenis buah yang mengandung likopen yang tinggi. Buah ini juga kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan.

Meskipun tomat mengandung kandungan yang baik untuk kesehatan, namun buah ini merupakan salah satu buah yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam lambung dalam jumlah yang banyak.

Sama seperti jeruk, tomat juga mengandung asam yang dapat menjadi penyebab pemicu asam lambung seperti heartburn.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: