Minuman yang Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi, dari Air Putih sampai Susu, Cek Daftarnya di Sini

Minuman yang Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi, dari Air Putih sampai Susu, Cek Daftarnya di Sini

Minuman yang dapat menurunkan kadar gula darah tinggi--Youtube.com/Sehat Secara Alami

3. Teh hitam

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Antioxidants pada tahun 2019, teh hitam merupakan minuman yang dikaitkan dengan risiko diabetes dan komplikasinya yang lebih rendah.  

Senyawa teh membantu dapat meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi stres oksidatif dan juga peradangan.  

Para peneliti bahkan mengatakan bahwa komponen teh ini dapat diubah menjadi produk yang suatu saat akan membantu mengatasi diabetes.

4. Teh hijau

Katekin teh dapat menghambat penyerapan karbohidrat selama pencernaan, serta meningkatkan metabolisme glukosa dan mengurangi stres oksidatif, yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Teh hijau adalah minuman tanpa kalori dan bebas gula, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk menstabilkan kadar gula darah.

5. Susu

Protein yang ditemukan dalam susu sapi dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah setelah makan pada penderita diabetes dan orang tanpa diabetes.

Protein ini, termasuk kasein dan whey, memperlambat pencernaan dan meningkatkan respons terhadap insulin, sehingga memiliki efek positif pada kadar gula darah.

Selain itu, susu mengandung karbohidrat-menurut Departemen Pertanian AS (USDA), sekitar 12 gram karbohidrat per 1 cangkir susu 1%, jadi pastikan untuk memasukkannya ke dalam makanan atau camilanmu jika kamu menderita diabetes.

6. Jus tomat

Dalam uji coba terkontrol secara acak yang diterbitkan pada tahun 2020 di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, yang mengevaluasi 25 wanita sehat, hasilnya sebagai berikut:

"Mereka yang minum sekitar 7 ons jus tomat 30 menit sebelum sarapan banyak karbohidrat mengalami penurunan kadar gula darah setelah makan dibandingkan dengan sebelum minum dengan air".

BACA JUGA:Ini Dia Pilihan Makanan yang Aman untuk Penderita Diabetes, Ga Usah Khawatir Gula Darah Naik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: