Bisakah Kita Mengubah Jodoh yang Sudah Ditetapkan Allah? Begini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Bisakah Kita Mengubah Jodoh yang Sudah Ditetapkan Allah? Begini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Bisakah Kita Mengubah Jodoh yang Sudah Ditetapkan Allah? Begini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bisakah kita mengubah jodoh yang sudah ditetapkan oleh Allah dengan cara berikhtiar? Begini Penjelasan singkat dari Ustaz Adi Hidayat untuk menjawab banyak pertanyaan dari jamaah kajian.

Dalam sebuah ceramah, Ustaz Adi Hidayat menjawab pertanyaan dari seorang jamaah yang sedang kebingungan. Apakah dengan berikhtiar, kita bisa mengubah jodoh yang sudah ditetapkan Allah? Atau kita harus menerima apapun dan siapapun jodoh kita?

Sering terjadi dalam kehidupan ketika mulai beranjak dewasa yang sudah masuk usia matang untuk menikah, tapi kita belum mendapatkan dan belum ketemu dengan jodoh yang sesuai kriteria. Setiap ketemu calon pasangan, kita merasa tidak cocok dengannya.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! Doa Seperti Ini Tidak Akan Pernah Dikabulkan Meskipun Rajin Salat Kata Gus Baha

BACA JUGA:Amalan bagi Orang yang Baru Hijrah, Ustaz Adi Hidayat: Semua Dosa Dihapus dan Terhindar dari Maksiat

Ustaz Adi Hidayat menyampaikan bahwa dalam hal mencari jodoh atau pasangan yang akan dinikahi, kita harus melihatkan dari banyak banyak. Kita harus tahu lebih dalam tentangnya, mulai dari bibit hingga bobotnya. Ini dilakukan dalam upaya ikhtiar mencari jodoh terbaik dari Allah.

Akan tetapi, apakah bisa mengubah jodoh atau memilih jodoh sesuai keinginan kita? Simak penjelasan dari Ustaz Adi Hidayat berikut.

"Jodoh itu takdir, bukan Qadar. Jadi beda antara takdir tak qadar, kita harus bisa membedakan," jelas Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat menambahkan bahwa qadar adalah ketetapan Allah yang sudah dikukuhkan oleh Allah sebelum kita lahir tidak akan berubah sampai meninggal. Kita mau usaha apapun itu tidak akan pernah bisa mengubahnya, karena itu sudah ketetapan.

BACA JUGA:Bolehkah Menikahi Sepupu Karena Cinta dan Bagaimana Hukumnya? Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Amalan bagi Orang yang Baru Hijrah, Ustaz Adi Hidayat: Semua Dosa Dihapus dan Terhindar dari Maksiat

"Diantara contoh qadar adalah Ajal, batas usia kita sampai meninggal," jelas Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa jodoh itu ketetapan Allah yang dikukuhkan berdasarkan ikhtiar makhluk. Jadi untuk urusan jodoh, kita harus ikhtiar dulu baru Allah berikan jalannya. Dalam perjalanan ikhtiar itu akan Allah tunjukkan sesuai jalan yang benar, sehingga dalam urusan mencari jodoh kita jangan sampai tidak berdoa dan tidak melibatkan Allah.

Untuk urusan jodoh sudah Allah jelaskan dalam Al Quran surat 49 ayat 13, sebagai berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: