Tergiur Harga Murah? Simak Bahaya Membeli Ban Bekas Mobil Tak Layak Pakai yang Tenyata Bisa Mengancam Nyawa

Tergiur Harga Murah? Simak Bahaya Membeli Ban Bekas Mobil Tak Layak Pakai yang Tenyata Bisa Mengancam Nyawa

Tergiur Harga Murah? Simak Bahaya Membeli Ban Bekas Mobil Tak Layak Pakai yang Tenyata Bisa Mengancam Nyawa-Youtube.com/Ban bekas & kerajinan-

Hal inilah yang membuat ban mobil bekas mempunyai konsumen tersendiri. Karena sebelumnya sudah pernah dipakai orang lain, maka pastinya untuk daya tahan dan usia pakainya pun telah menurun.

Waktu penggantiannya pun jadi lebih cepat, sesuai dengan sisa ketebalan tapak ban yang dipilih. Dan tentu saja tak ada garansi kerusakan dari si penjual jika membeli ban bekas.

BACA JUGA:Irit BBM! 4 Rekomendasi Mobil Bekas Hemat Bensin Mulai Dari 100 Jutaan Termurah dan Terbaik di Indonesia 2024

BACA JUGA:Cocok Untuk Pemula! 4 Rekomendasi Mobil Matic Bekas Merek Toyota Murah dan Berkualitas, Dijamin Kantong Aman

Yang perlu diperhatikan bahwa ban yang telah melebihi batas usianya, kualitas karet ban sudah getas. Kemampuan cengkramannya pun juga jauh menurun dan rentan terjadi pecah ban jika dipacu dengan kecepatan tinggi.

Tergiur Harga Murah? Simak Bahaya Membeli Ban Bekas Mobil Tak Layak Pakai yang Tenyata Bisa Mengancam Nyawa.

Berikut ini bahaya membeli ban bekas mobil tak layak pakai yang ternyata bisa mengancam nyawa, antara lain:

1. Ban Vulkanisir Belum Terstandarisasi

Salah satu opsi yang bisa dipilih ketika membeli ban bekas adalah ban vulkanisir. Ban ini sering juga disebut dengan ban rekondisi karena pengembalian kondisi dari ban bekas yang ditambah daging atau lapisan karet baru di bagian tapaknya.

Ban ini ternyata masih sering dipakai oleh kendaraan komersial termasuk mobil penumpang, truk dan bus. Karena harganya yang lebih murah menjadi daya tarik bagi konsumen untuk membeli ban ini. 

BACA JUGA:Mirip Minibus! Inilah Daftar Harga Mobil Travel Toyota Hiace Bekas serta Spesifikasinya yang Terbaru

BACA JUGA:Mobil Travel! Inilah Daya Tarik, Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hiace Bekas yang Perlu Diketahui Sebelum Beli

Sayangnya, ban vulkanisir belum terstandarisasi. Untuk mobil penumpang, ban vulkanisir ini dinilai cukup rentan jika dipakai. 

Karena, ban ini kurang kuat jika dipacu dengan kecepatan tinggi yang mana lapisan karet tambahannya ini sangat riskan untuk lepas akibat panas yang ditimbulkan. Maka dari itu, penggunaan ban vulkanisir sebaiknya dihindari jika tujuannya untuk mobil pribadi. 

Beda kasus dengan kendaraan umum atau angkutan barang yang menggunakan ban vulkanisir.  Kecepatan pada dua jenis kendaraan tersebut relatif terbatas, dan tidak secepat mobil pribadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.carmudi.co.id/journal/untung-rugi-beli-ban-bekas-untuk-mobil/amp/