Tragis! Silaturahmi Terputus Gegara Hutang, Ini Tanggapan Mamah Dedeh

Tragis! Silaturahmi Terputus Gegara Hutang, Ini Tanggapan Mamah Dedeh

Ini tanggapan Mamah Dedeh masalahkan, silaturahmi terputus gegara hutang-Youtube MNCTV Official -

Hal ini untuk menghindari adanya lupa atau bahkan salah paham terhadap hutang, Mamah Dedeh juga tidak pernah yang namanya memaksa orang lain untuk membayar hutangnya. Banyak orang yang berhutang padanya, namun banyak alasan. 

“Dari pada kita nagih-nagih orang yang punya hutang, lebih baik kita mikirin yang belum ada, biarin ada Allah” Kata Mamah Dedeh untuk tidak usah memikirkan orang yang meminjam uang pada kita. 

Irfan mencairkan suasana dengan mengajak ibu-ibu untuk hutang ke mamah dengan tertawa, tentunya ini hanya untuk mengkondusifkan suasana. 

irfan, bertanya kepada Mamah Dedeh “Mah gimana punya rasa ikhlas? nagih wajib kan?”. 

Mamah Dedeh menjawab “Dulu kita tidak punya apa-apa ditakdirkan Allah, sekarang sudah punya maka ada orang pinjam maka pinjamkan, kita doakan saja, biar mereka diampuni dosanya oleh Allah” Ujar Mamah Dedeh. 

BACA JUGA :Dasar Hukum Hutang Piutang Dalam Al-Qur'an, Menurut Buya Yahya

BACA JUGA :Menurut Primbon Jawa, 5 Weton Ini Terlihat Kaya Raya Tapi Banyak Hutang, Benarkah? Bisa Jadi Wetonmu, Yuk Cek!

Apalagi pada zaman sekarang yang berkaitan dengan pinjol, sebenarnya semua yang berkaitan dengan pinjol tidak baik untuk dilakukan. Jadi jangan sampai kamu melakukan pinjol untuk pinjam meminjam. 

“Hutang kok hobi, hobi kok hutang” Ujar irfan untuk menetralkan suasana.  Silaturahmi terputus gegara hutang, itu tidak baik karena jika silaturahmi terputus di antara saudara maka renggang bersaudara. 

“Rosul bersabda hati-hati dengan hutang, yang namanya hutang membuat resah gelisah di malam hari dan malu di pagi hari” Mikirin hutang malamnya, siang datang depkolektor galak semua tetangga tahu” Ujar Mamah Dedeh.  

“Makanya kalo ga mepet-mepet amat, tidak usah hutang, sekarang serba hutang” Ujar Mamah Dedeh.

Itu sangatlah disayangkan sekali, jika memang dilakukan oleh semua orang, apalagi dengan adanya permasalahan ini. Sudah memperlihatkan memang adanya silaturahmi terputus gegara hutang. 

BACA JUGA :Primbon Jawa: Bakal Dapat Rezeki Nomplok! Inilah 5 Weton yang Akan Melunasi Hutangnya di Akhir Februari 2024

BACA JUGA :Gus Baha Berikan Amalan Doa Terbebas dari Hutang Sesuai Ajaran Rasulullah, Yuk Amalkan!

Mamah dedeh menceritakan  mengenai sahabat nabi namanya Qais bin sa'ad yang sakit terkapar tapi ga ada yang datang. Karena mereka malu, punya hutang belum dibayar kepada Qais. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://youtu.be/0fcbrgn-kmm?si=mddofmxv9hj5xveh