Ekosistem Pariwisata Perlu Dihadirkan Bersama

Ekosistem Pariwisata Perlu Dihadirkan Bersama

Yarsono, Kepala Disparpora Batang--

Yarsono menyebutkan, saat ini sudah ada 32 desa wisata yang berkembang dan tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Batang. Pihaknya pun telah mengeluarkan surat keputusan penetapan pada 32 desa tersebut sebagai bentuk legalitas desa wisata agar nantinya bisa mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.

 

"Ada 32 desa yang berada di 13 kecamatan telah kami tetapkan sebagai desa wisata seperti Desa Wisata Silurah, Sodong, Sangubanyu, Pandansari, Cemoro Asri, Alam Kamulyan, Sojomerto, dan Desa Wisata Rifaiyah," katanya.

 

Menurut Yarsono, sebelum ditetapkan menjadi desa wisata, 32 desa ini terlebih dahulu disurvei oleh petugas Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat.

 

Kemudian, pihaknya akan melakukan verifikasi saat pihak desa mengajukan untuk menjadi desa wisata.

 

"Bagi desa yang sudah mendapat SK sebagai desa wisata maka nantinya bisa berpeluang mendapatkan bantuan anggaran pengembangan pariwisata dari Pemprov Jateng," katanya.

 

Ditambahkan dia, dengan adanya desa wisata itu bisa berkembang dan timbul ekonomi kreatif bagi warga desa itu. "Memang perlu ada faktor pendukung lain yang bisa digagas oleh pengelola wisata maupun pokdarwis seperti homestay dan atraksi agar destinasi berkembang," tandasnya. (fel)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: