Duh, Wabah LSD Batang Masuk Kondisi Kritis

Duh, Wabah LSD Batang Masuk Kondisi Kritis

VAKSINASI LSD - Petugas Dislutkannak Batang saat penyuntikan vaksin LSD ke sejumlah sapi milik peternak.--

“Bisa sembuh kok, petugas kami rutin memberikan obat obatn pada sapi yang terserang LSD. Seperti pemberian vitamin untuk penguat, obat anti demam, anti parasit, anti radang, analgesik. Dan dalam jangka waktu satu bulanan sapi bisa sembuh, benjolan atau ruam seperti cacar air pada kulitnya akan hilang,” paparnya.

 

Adapun kini pihaknya terus melakukan pencegahan untuk mengurangi angka penularan LSD pada ternak sapi itu. Satu diantaranya dengan menyuntikan vaksin pada ternak sapi yang belum terjangkit virus LSD. Di mana Kecamatan Bawang menjadi satu satunya kecamatan yang masih berada di zona hijau atau zero penularan LSD.

 

“Kami kemarin mendapat alokasi vaksin LSD sebanyak 500 dosis, dan sudah kita aplikasikan semuanya. Dan saat ini kami kehabisan stok vaksin  jenis lumpyvax dari Afrika Selatan itu. Kami masih mengajukan lagi ke Dirjen Peternakan dan kesehatan hewan lewat dinas peternakan dan kesehatan Provinsi Jateng,” terangnya.

 

Ditambahkan Syam, upaya pembatasan praktik jual beli ternak sapi di sejumlah pasar hewan belum dilakukan. Pihaknya masih menunggu surat edaran dari Kementerian yang menyatakan LSD ini menjadi wabah Nasional.

 

“Pasar hewan belum kami tutup. Kami masih menunggu surat edaran itu. Kami hanya bisa mengimbau agar para peternak untuk sementara tidak membeli sapi dari luar daerah terlebih dahulu. Karena sudah ada 26 kabupaten/kota di Jawa Tengah terjangkit virus ini,” tandasnya. (fel)

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: