Disunahkan Tidak Makan Sebelum Shalat Idul Adha bagi yang Berkurban

Disunahkan Tidak Makan Sebelum Shalat Idul Adha bagi yang Berkurban

Ilustrasi opor ayam -Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Berbeda dengan Shalat Idul Fitri yang disunahkan makan dulu sebelum shalat ied, sebelum melaksanakan shalat Idul Adha justru disunahkan tidak makan dulu. Di Hari Raya Idul Adha, kaum muslimin yang mampu disunahkan untuk berkurban. Oleh karenanya, anjuran tidak makan sebelum shalat ied tersebut agar nantinya bisa menyantap hasil kurban.

Dalilnya, hadist dari Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, ia berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لاَ يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ وَلاَ يَأْكُلُ يَوْمَ الأَضْحَى حَتَّى يَرْجِعَ فَيَأْكُلَ مِنْ أُضْحِيَّتِهِ

“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam biasa berangkat shalat ied pada hari Idul Fitri dan beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari shalat ied baru beliau menyantap hasil kurbannya.” (HR. Ahmad 5: 352)

Baca juga: Cara Sehat Mengonsumsi Daging Kurban Menurut Ahli Gizi

Ibnu Qudamah rahimahullah berkata,

قال أحمد: والأضحى لا يأكل فيه حتى يرجع إذا كان له ذبح، لأن النبي صلى الله عليه وسلم أكل من ذبيحته، وإذا لم يكن له ذبح لم يبال أن يأكل. اهـ.

“Imam Ahmad berkata: “Saat Idul Adha dianjurkan tidak makan hingga kembali dan memakan hasil sembelihan kurban. Karena Nabi shallallahu alaihi wa sallam makan dari hasil sembelihan kurbannya. Jika seseorang tidak memiliki kurban (tidak berkurban), maka tidak masalah jika ia makan terlebih dahulu sebelum shalat ied.” (Al Mughni, 2: 228)

Ibnu Hazm rahimahullah berkata,

وإن أكل يوم الأضحى قبل غدوه إلى المصلى فلا بأس، وإن لم يأكل حتى يأكل من أضحيته فحسن، ولا يحل صيامهما أصلا

“Jika seseorang makan pada Hari Idul Adha sebelum berangkat shalat ied di tanah lapang, masjid atau musala, maka tidak mengapa. Jika ia tidak makan sampai ia makan dari hasil sembelihan kurbannya, maka itu lebih baik. Tidak boleh berpuasa pada hari ied (Idul Fitri dan Idul Adha) sama sekali.” (Al Muhalla, 5: 89)

Baca juga:Yuk Kerjakan 5 Amalan ini Saat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah Idul Adha 2023, Pahalanya Bisa Setara Berhaji

Hikmah dianjurkan makan sebelum berangkat shalat Idul Fitri adalah agar tidak disangka bahwa hari tersebut masih hari berpuasa. Sedangkan untuk shalat Idul Adha dianjurkan untuk tidak makan terlebih dahulu adalah agar daging kurban bisa segera disembelih dan dinikmati setelah shalat ied. (Shahih Fiqh Sunnah, 1: 602)

Ibnu Qudamah rahimahullah berkata,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: