Jangan Asal Campur, Inilah 7 Kombinasi Jus Buah yang Malah Mengacaukan Vitamin dan Berdampak Buruk bagi Tubuh

Jangan Asal Campur, Inilah 7 Kombinasi Jus Buah yang Malah Mengacaukan Vitamin dan Berdampak Buruk bagi Tubuh

Kombinasi jus buah yang kurang baik buat pencernaan --Freepik.com

RADARPEKALONGANDISWAY.ID – Minum jus buah memang menyegarkan dan menyehatkan. Tapi kalau kombinasi jus buah dilakukan secara ngawur, malah nanti yang terjadi akan berdampak buruk pada tubuh.

Makanya jangan asal-asalan mengkombinasikan antara buah yang satu dengan yang lainnya. Karena setiap buah bisa jadi tidak cocok dengan buah lainnya.

Seperti yang akan dibahas kali ini tentang kombinasi jus buah yang malah mengacaukan vitamin yang ada di dalamnya. Selain bisa saja membuat rasanya tidak sedap, juga berpotensi menganggu sistem pencernaan kamu.

BACA JUGA:Inilah Daftar 5 Buah yang Mengandung Vitamin D, Penting untuk Kesehatan Tulangmu

BACA JUGA:Makan Buah Apel Lebih Baik Sama Kulitnya atau Dikupas? Begini Penjelasan Dokter

Untuk menghindari kombinasi jus buah yang salah kaprah, berikut ini informasi buah-buahan yang tak boleh dicampur secara sembarangan. Inilah beberapa buah yang tak boleh dikombinasikan secara serampangan.

1 Buah Jeruk dengan Susu

Buah yang tidak boleh dicampurkan secara serampangan adalah jeruk dan susu. Jeruk yang mengandung vitamin C memang bagus untuk kesehatan tubuh karena bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

Begitu pun juga kandungan protein dan kalsium yang terdapat pada susu sangat bagus untuk memperbaiki persendian. Kandungan kalsium yang ada di dalam susu sangat bagus sekali untuk penguatan tulang.

Tapi kalau dikombinasikan jadi satu, malah akan menyebabkan penggumpalan yang tinggi pada kombinasi jus jeruk dengan susu. Akhirnya alih-alih menyehatkan tubuh malah menganggu sistem pencernaan. Karena asam sitrat dengan protein susu akan bereaksi keras dan tidak cocok kalau dikombinasikan.

2 Buah Semangka dengan Susu

Selanjutnya campuran antara buah semangka dengan susu juga berdampak buruk pada kesehatan tubuh. karena kandungan vitamin C buah Semangka bisa beraksi keras dengan nutrisi protein yang ada pada susu.

Jadi perlu dicermati kalau Susu dan Semangka ini kurang cocok kalau dikombinasikan. Semangka yang mengandung asam di dalamnya ketika tercampur dengan susu malah menganggu sistem pencernaan tubuh.

Oleh karena itu hindari kombinasi jus buah semangka dengan susu. kalau tidak mau mengalami rasa yang tidak nyaman pada perut kamu.

3 Buah Pisang dan Jeruk

Jangan sekali-sekali mengkombinasikan buah jeruk dan pisang. Karena kandungan vitamin yang ada pada buah kedua buah tersebut tidak bisa dicerna secara bersama.

Jadi kalau mau dijadikan sebagai kombinasi jus buah sangat tidak cocok bagi tubuh. Lebih baik dihindari saja agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan bagi tubuh.

4 Buah Manis dan Buah Asam

Selanjutnya kombinasi jus buah yang tidak bisa dijadikan campuran secara bersamaan adalah kategori buah manis dan asam. Buah manis salah satu contohnya adalah pisang. Sedangkan buah asam salah satu contohnya adalah strawberry.

Kalau sampai kedua buah ini dikombinasikan jadi satu, maka yang akan terjadi adalah rasa yang tidak seimbang. Ketidakseimbangan kandungan kedua buah tersebut bisa menimbulkan rasa yang tak sedap.

5 Buah dengan Yogurt

Mencampurkan Yogurt atau susu asam dengan buah-buahan termasuk yang tidak disarankan. Karena susu asam yogurt kalau dikombinasikan dengan buah-buahan malah akan menimbulkan perut yang tidak nyaman. ‘
Jadi sebaiknya kombinasi jus buah ini dengan yogurt sangat tidak bagus bagi kesehatan. Selain itu bisa menimbulkan perasaan yang tak nyaman bagi kamu yang meminumnya.

6 Kombinasi Buah yang Sukar Dicerna

Selanjutnya kombinasi jus buah yang tak disarankan adalah yang termasuk susah untuk dicerna. Diantara buah yang sulit dicerna itu antara lain buah beri (blueberry, blackberry, raspberry), jeruk, pir, alpukat dan apel.

Kalau bisa dihindari, lebih baik lakukan daripada membuat sistem pencernaan terganggu. Karena pada dasarnya buah-buah yang baru saja disebutkan, termasuk yang lama dicerna dalam tubuh. Tak heran kalau kandungan buah alpukat ini bisa untuk diet.

7 Kombinasi Buah dengan Makanan Berat

Tak disarankan untuk alasan apapun mengkombinasikan antara makanan berat dan buah. Karena akan menganggu sistem pencernaan saja.

Itulah daftar kombinasi jus buah yang tak boleh dilakukan. Karena kalau sampai dilakukan bisa mengganggu sistem pencernaan yang minimal menyisakan rasa tidak nyaman bagi tubuh. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hellosehat