Angkat Potensi Lokal, PIK Gelar Bhinneka Festival Budaya

Angkat Potensi Lokal, PIK Gelar Bhinneka Festival Budaya

BUKA ACARA - Bupati Dico M Ganinduto saat membuka kegiatan Bhinneka Festival Budaya di Pantai Indah Kemangi (PIK), Jumat (15/9/2023).-red/sef-

KENDAL - Kemeriahan mewarnai event Bhinneka Festival Budaya yang digelar di Pantai Indah Kemangi (PIK) Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kendal, Jumat (15/9/2023). Kegiatan ini menjadi ikhtiar mengangkat potensi lokal, terutama Batik Kendal, agar lebih dikenal masyarakat.

Acara yang dibuka oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, ini juga dihadiri Dandim 0715/Kendal Letkol Infantri Misael Marthen Jenry Polii, serta Kapolres Kendal AKBP Feria Kurniawan. Acara semakin gayeng atas hadirnya budayawan/sutradara nasional yang sekaligus politikus, Eros Jarot bersama Ketua Forum Pengusaha Kendal, Syamsunar dan jajaran pengurus, juga dihadiri jajaran TNI dan Polri bersama ratusan personel Kodim Kendal. 

Festival budaya ini diramaikan dengan lomba mewarnai, stan UMKM, serta dihadirkan juga peragaan busana batik khas Kendal yang ditampilkan oleh Sinok Sinang. Acara ini pun diapresiasi Bupati Dico. Sedikit banyak, kata Bupati, kegiatan tersebut bisa ikut mempromosikan budaya dan pariwisata Kendal.

"Ini termasuk kegiatan yang bagus dan mengedukasi. Selain mengenalkan batik, juga menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Indah Kemangi. Jadi menggabungkan budaya dan potensi lokal," ungkap Dico M Ganinduto.

Sementara Dandim 0715/Kendal Letkol Infantri Misael Marthen Jenry Polii mengatakan, budaya lokal Kendal perlu dikenalkan pada generasi muda. Terlebih, nasib budaya lokal juga terus tergerus budaya asing.

"Batik khas Kendal ini kan banyak. Makanya perlu dilestarikan dan dikenalkan kepada anak-anak," jelas Misael Marthen Jenry Polii.

Dandim berharap, kegiatan Bhinneka Festival Budaya ini bisa berkelanjutan. Terlebih, acara ini merupakan kolaborasi pentahelix. Kegitan ini juga menjadi dasar dalam menjaga kesatuan dan persatuan warga Kendal menyongsong tahun pokitik.

Adapun pada giat tersebut terdapat lomba mewarnai untuk anak-anak tingkat PAUD, TK, dan SD.

Bupati bersama Wakil Bupati Kendal nampak ikut bersama dengan anak - anak mewarnai dengan cat air. 

Tak hanya itu, bahkan Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii dan Kapolres Kendal AKBP Feria Kurniawan juga diminta untuk mewarnai batik. Keduanya juga tampak bersemangat saat mewarnai. (red/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: