Ini Dia 5 Hal Dasar yang Perlu Dilakukan sebelum Memulai Program Diet

Ini Dia 5 Hal Dasar yang Perlu Dilakukan sebelum Memulai Program Diet

Hal Dasar yang Perlu Dilakukan Sebelum Memulai Program Diet--Freepik.com

Sebelum menentukan target, cari tahu dulu berapa berat badan ideal kamu dengan tinggi badan kamu. Hitung kebutuhan BMI (IMT) dengan kalkulator BMI, agar mengetahui target diet yang akurat untuk dilakukan.

Mengatahui IMT atau Indeks Massa Tubuh akan membantu kamu menjaga tubuh dari kadar kelebihan lemak yang bisa menimbulkan penyakit seperti diabetes, jantung, hipertensi, yang disebabkan oleh IMT yang tinggi.

3. Cari Tahu Kebutuhan Kalori Harian

Kebutuhan kalori harian rata-rata dari orang dewasa yang aktif beraktivitas adalah 2500 kkal untuk laki-laki dan 2000 kkal untuk perempuan. Namun saat berdiet kamu perlu mengurangi asupan energi untuk membakar lebih banyak lemak daripada yang dikonsumsi.

Dikutip dari halodoc.com, seorang ahli gizi bernama Kerry Torrens, berpendapat untuk menghilangkan lemak sebanyak 0,5 kg per minggu, maka disarankan untuk melakukan defisit 500 kalori per hari dari kebutuhan asupan normal. 

Agar defisit kalori ini tercapai dengan baik kamu bisa membuat catatan tentang asupan makanan harian sehingga kamu tahu seberapa banyak asupan yang perlu dikonsumsi dan kapan waktu yang tepat untuk makan dan minum.

4. Tentukan Jenis Olahraga yang Cocok dengan Kondisi Tubuh

Untuk mendukung efektivitas program dietmu, selain mengurangi asupan kalori harian perlu juga didukung dengan aktivitas fisik seperti olahraga secara teratur. Melalui aktivitas fisik dapat membantu mengurangi kalori dan membakar lebih banyak lemak secara efektif.

Kamu bisa memilih olahraga apa yang cocok denganmu dan sesuai dengan kebutuhan tubuhmu.

BACA JUGA:Tips Menu Diet Sehat Kaya Nutrisi, Seminggu Bisa Turun 10 Kg

Tidak perlu langsung melakukan olahraga ekstrem, kamu bisa mulai membiasakan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik lebih banyak. Seperti saat di kantor lebih memilih menggunakan tangga daripada menggunakan lift, atau menyempatkan berolahraga ringan di pagi hari sebelum memulai aktifitas.

Pola olahraga seperti ini akan lebih efektif dan bertahan dalam jangka panjang, daripada langsung memilih olahraga ekstrem namun tidak bisa konsisten karena kondisi tubuh yang kaget dengan peralihan aktivitas yang cukup ekstrim.

5. Lakukan Konsultasi ke Dokter atau Ahli Gizi

Sebelum memulai program diet, ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi kesayanganmu. Kamu bisa mendiskusikan kondisi dan kebutuhan tubuh dengan ahlinya, sehingga bisa lebih yakin dan efektif dengan metode diet mana yang akan kamu pakai.

Dengan melakukan konsultasi ke dokter atau ahli, kamu juga bisa memastikan apakah ada gangguan metabolisme tubuh yang mungkin akan berpengaruh pada program dietmu. Karena ada beberapa kondisi gangguan metabolisme tubuh tertentu yang dapat mempengaruhi turunnya berat badan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: