Agar Dietmu Tidak Sia-sia, Ketahui dulu 3 Macam Program Diet Sehat Berikut Ini sesuai Kebutuhan Kalorimu

Agar Dietmu Tidak Sia-sia,  Ketahui dulu 3 Macam Program Diet Sehat Berikut Ini sesuai Kebutuhan Kalorimu

macam program diet sehat-freepik.com-freepik.com

Misalnya seseorang sebenarnya membutuhkan 1500 kalori per hari, tapi dia hanya mengkonsumsi makanan yang menghasilkan 1200 kalori saja, dan berarti defisit kalorinya adalah sebanyak 300 kalori. 

Sementara itu tubuh kan tetap menghasilkan energi untuk beraktivitas, nah disaat kalori yang mampu diserap tadi jumlahnya hanya sedikit, maka tubuh akan mengambil sumber lain seperti lemak-lemak berlebih yang ada pada tubuh.

BACA JUGA:Tips Menu Diet Sehat Kaya Nutrisi, Seminggu Bisa Turun 10 Kg

Nah berkurangnya lemak dalam tubuh kita inilah yang akan membantu menurunkan berat badan. 

2. Diet Kalori Maintenance

Macam program diet sehat yang kedua ini bertujuan untuk mempertahankan berat badan, biasanya ini dilakukan oleh orang-orang yang sudah memiliki berat badan yang ideal. 

Nah cara melakukan diet ini adalah mengkonsumi jumlah kalori pada makanan kita sesuai dengan kebutuhan kalori harian kita. Jadi misal kebutuhan kalorinya adalah 1700 kalori maka kita juga mengkonsumsi makanan yang menghasilkan 1700 kalori juga dalam per harinya.

Hanya saja mungkin yang perlu diperhatikan adalah sumber makanannya, apalagi jika pola makanmu tidak sehat, kamu bisa menggantinya dengan makanan-makanan yang jauh lebih sehat. 

BACA JUGA:Simak Ini 7 Tips Diet Sehat Turunkan Berat Badan yang Baik dan Benar, Bukan Berarti Tak Makan

Misal kamu terbiasa mengkonsumsi gorengan yang dimana lemaknya adalah lemak jahat, maka kamu bisa menggantinya dengan makanan lain yang cara masaknya dipanggang atau direbus. 

3. Diet Kalori Surplus

Diet kalori surplus merupakan macam program diet sehat yang terakhir, yakni menambah jumlah kalori yang dikonsumsi lebih dari jumlah kebutuhan kalori yang diperlukan oleh tubuh.

Biasanya ini dilakukan oleh orang-orang yang memiliki berat badan yang tidak ideal dan cenderung underweight atau berat badannya kurang dari berat yang seharusnya.

Program diet ini kebalikan dari program diet kalori defisit, karena pada diet yang satu ini jika sebenanrnya kebutuhan kalori pada tubuh seseorang seharusnya 1500 kalori per hari, berarti orang tersebut harus mengkonsumsi sebanyak 2.500 kalori per hari.

BACA JUGA:Efektif Turunkan Berat Badan, Ini 7 Olahan Jus Segar untuk Diet yang Paling Manjur!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: