5 Khasiat dari Tanaman Herbal Ashwagandha yang Wajib Diketahui

5 Khasiat dari Tanaman Herbal Ashwagandha yang Wajib Diketahui

khasiat dari tanaman herbal Ashwagandha-ilustrasi gingseng-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Tahukah kamu ada banyak khasiat dari tanaman herbal Ashwagandha yang baik untuk pria dan wanita?

Ya meskipun belum dikenal oleh banyak orang, tanaman Ashwagandha ini memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, di tempat asalnya tanaman ini biasa dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah.

Namun, apa saja sih tanaman Ashwagandha ini? Ashwagandha yang dikenal sebagai Gingseng India merupakan tanaman yang memiliki bentuk kecil dengan bunga berwarna kuning.

Bagian tanaman yang biasanya dimanfaatkan oleh banyak orang yaitu akar dan daunnya yang mana seringkali dijadikan obat-obatan dalam bentuk ekstrak. Adapun beberapa khasiat dari tanaman herbal Ashwagandha ini yakni sebagai berikut

BACA JUGA:Catat! 8 Obat Demam Berdarah yang Telah Teruji Aman oleh BPOM

BACA JUGA:Catat Ini! 4 Tanaman Herbal yang Bisa Membantu Menurunkan Demam Berdarah Selain Jambu Biji

1. Meredakan Stres dan Kecemasan yang Berlebih

Ashwaganda diketahui bersifat adaptogen, yakni zat alami yang membantu tubuh beradaptasi terhadap hormon stres.

Sehingga Ashwagandha ini terkenal dengan khasiatnya yang mana dapat merekana stres dan kecemasan yang berlebihan atau anxiety.

Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian kecil yang melibatkan 58 orang peserta. Dalam peneilitian tersebut, mereka mengambil ekstrak ashwagandha selama 8 minggu.

Dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa ekstrak ashwagandha ini berhasil mengurangi stres dan paras hormon stres (hormon kortisol) yang mana dapat melepas lebih banyak hormon serotonin yang membantu munculnya perasaan bahagia.

BACA JUGA:Lemas dan letih? Inilah 6 Vitamin Daya Tahan Tubuh dan Sumber Energi yang Bisa Dicoba

BACA JUGA:6 Tanaman Pembersih Udara Dalam Ruangan, Rahasia Keluarga Sehat Anti Ribet

Tidak hanya itu saja, ekstrak aswagandha ini jua dapat menambah kualitas tidur seseorang yang terkena insomnia, sehingga tubuh akan segar bugar dan terhindar dari badan lemas, letih, dan lelah.

2. Mengurangi Gejala Mental

Selain meredakan stres dan cemas yang berlebih, tanaman herbal Ashwagandha ini juga diketahui bisa mengurangi gejala gangguan mental.

Penelitian menyebutkan, gingseng India ini memiliki efek mirip dengan antidepresan yang dipercaya mampu mengontrol gejala deprsi, skizofrenia, gangguan kecemasan, hingga gangguan bipolar.

Walaupun begitu, penggunakan tanaman herbal ini tidak dapat menggantian terapi dan pengoatan lain yang diberikan oleh dokter. Jadi, bisa disimpulkan bahwa ekstrak dari tanaman herbal ini hanya dijadikan sebagai obat pendukung atau pembantu, bukan obat utama.

BACA JUGA:9 Macam Vitamin untuk Batuk Pilek Anak agar Tubuh Anak Terbebas dari Penyakit

BACA JUGA:Daftar 5 Produk Obat DBD BPOM yang Aman Dikonsumsi Pasien Demam Berdarah

3. Meningkatkan Fungsi Otak 

Seperti yang diketahui Ashwagandha memiliki beberapa kandungan yang beperan penting dalam tubuh, salah satunya yaitu Vitamin C yang difungsikan sebagai senyawa antioksidan.

Nah, senyawa antioksidan bermanfaat untuk meningkatkan kerja dan fungsi otak dalam mengingat, proses informasi, dan menentukan keputusan.

Manfaat ini tentunya sangat baik bagi orang dengan gangguan kognitif, seperti penyakit Parkiston, Alzheimer, hingga penyakit Huntington atau Disleksi.

4. Meningkatkan Kesuburan Pada Pria

Ashwagandha juga diyakini bisa menjadi solusi bagi pria yang memiliki permasalahan pada kesuburan. Hal ini dikarenakan tanaman herbal ini memliki senyawa aktif yang dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma, mulai dari jumlah, pergerakan, dan bentuknya.

BACA JUGA:Dijamin Ampuh Banget! 10 Obat Panu Alami Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

BACA JUGA:8 Merek Vitamin untuk Lambung di Apotek agar Rasa Mual dan Sakit Perut Tak Kumat Lagi

Tidak hanya itu saja, tanaman herbal ini juga berperan penting dalam peningkatan kadar hormon testosteron dalam tubuh pria dewasa.

Khasiat dari tanaman herbal Ashwagandha ini dibuktikan dalam penelitian yang melibatkan 43 orang laki-laki dewasa yang memiliki berat badan berlebihan.

Selama kurang lebih 8 minggu mereka diminta untuk mengonsumsi suplemen yang berbahan dasar Ashwagandha. Dalam penelitian  tersebut menghasilkan bahwa Ashwagandha ini dapat meningkatkan setidaknya 18% hormin testosteron pada pria.

5. Meningkatkan Massa dan Kekuatan Otot

Khasiat dari tanaman herbal Ashwagandha yang terakhir adalah mampu meningkatkan massa dan kekuatan otot.

BACA JUGA:Cegah Nyeri Setelah Makan, Ini Vitamin Lambung dan Usus yang Baik untuk Sistem Pencernaan

BACA JUGA:Blackmores Vitamin D Aman untuk Lambung, Apa Saja Sih Produk Suplemennya?

Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang melobatkan 57 oran lelaki muda yang mengonsumsi 600 mg Ashwagandha setiap hari selama 8 minggu.

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi Ashwagandha mengaami kenaikan ukuran dan kekuatan otak yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi plasebo. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: