Catat Ini! Waktu yang Tepat Berolahraga Bagi Pengidap Hipertensi, Khususnya Usia di atas 65 Tahun

Catat Ini! Waktu yang Tepat Berolahraga Bagi Pengidap Hipertensi, Khususnya Usia di atas 65 Tahun

waktu yang tepat untuk berolahraga bagi pengidap hipertensi-ilustrasi senam untuk menurunkan hipertensi-Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Apakah ada waktu yang tepat untuk berolahraga bagi pengidap hipertensi? Apakah para penderita hipertensi bisa melakukan aktivitas olahraga kapanpun atau asal=asalan?

Bagi kalian yang ingin menurunkan tekanan darah tinggi, jangan melakukan aktivitas olahraga secara sembarang. Ada waktu tersendiri untuk melakukan aktivitas fisik tersebut.

Lantas kapankah waktu yang tepat untuk berolahraga bagi pengidap hipertensi?

Bagi pengidap tekanan darah tinggi, kamu disarankan untuk berolahraga kurang lebih selama 30 menit setiap hari. Namun, bagi kalian yang memiliki aktivitas yang super sibuk, kalian bisa berolahraga minimal 3–5 hari dalam seminggu. 

BACA JUGA:Manfaat Rajin Berdizikir, Cara Mengobati Darah Tinggi Tanpa Obat yang Dianjurkan oleh Dr. Zaidul Akbar

BACA JUGA:Coba Buktikan! 6 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dalam 10 Menit, Cocok untuk Semua Usia

Tidak hanya memperhatikan waktunya saja, namun kalian juga harus memperhatikan jenis olahraga yang cocok untuk pengidap hipertensi.Sebab, setiap jenis olahraga akan memberikan pengaruh yang berbeda pada tubuh. 

Bagi kalian yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, sebaiknya kalian lebih fokus pada aktivitas fisik atau olahraga dengan intensitas sedang yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Adapun jenis olahraga yang aman untuk pengidap hipertensi antara lain kegiatan berenang berjalan cepat, yoga, atau senam. Karena jenis olahraga tersebut dapat dilakukan oleh semua kalangan, baik itu anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia.

Karena seperti yang diketahui, kondisi darah tinggi ini tidak hanya terjadi pada seseorang berusia 65 tahun saja. Namun, juga bisa terjadi oleh anak-anak bahkan ibu hamil.

BACA JUGA:9 Jenis Makanan untuk Menurunkan Darah Tinggi yang Wajib Dikonsumsi Penderita Hipertensi

BACA JUGA:Enak dan Bermanfaat! 4 Buah untuk Meredakan Darah Tinggi Lengkap dengan Kandungan di Dalamnya

Jika kamu merupakan orang yang baru ingin memulai olahraga. Lakukan pemanasan selama 2–3 menit sebelumnya, guna mencegah terjadinya cedera. 

Sedangkan, jika sudah terbiasa, kamu dapat mengkombinasikan olahraga dengan intensitas sedang dan tinggi secara bersamaan. Misalnya, berjalan cepat dan berjalan santai, yoga dengan senam, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: