Coba Buktikan! 6 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dalam 10 Menit, Cocok untuk Semua Usia

Coba Buktikan! 6 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dalam 10 Menit, Cocok untuk Semua Usia

cara alami menurunkan tekanan darah tinggi dalam 10 menit-ilustrasi seorang dokter sedang memeriksa tensi-Freepik.com

RADARPEKALONGAN - Ada beberapa cara alami menurunkan tekanan darah tinggi dalam 10 menit. Cara-cara tersebut dipercaya merupakan kumpulan cara untuk membantu menjaga tekanan darah agar terkendali.

Lantas apa saja cara alami menurunkan tekanan darah dalam 10 menit yang mudah dilakukan oleh semua kalangan, baik itu remaja, dewasa, ataupun lansia? Berikut ini beberapa cara menurunkan darah tinggi yang mudah diikuti oleh semua kalangan.

1. Merendam Kaki dalam Air Panas

Merendam kaki dalam air panas dipercaya merupakan cara alami menurunkan tekanan darah dalam 10 menit. Sebab, dengan merendam kaki dalam air panas, dapat merelaksasasikan tubuh agar tetap rileks.

Selain itu, dengan merendam kaki juga dapat merileksasikan pikiran dan otak, sehingga secara tidak langsung mengobati sakit kepala dan mencegah stres yang mana merupakan gejala dan penyebab timbulnya tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:Manfaat Tidur Siang bagi Pekerja Freelance yang Bekerja dari Rumah Agar Badan Tidak Lesu

BACA JUGA:Mengandung Multivitamin Alami, Inilah 10 Manfaat Konsumsi Jeruk Nipis yang Jarang Orang Tahu

Untuk caranya sendiri, kalian cukup menyiapkan ember ata baskom dan isi dengan air panas. Kemudian ambil posisi nyaman untuk duduk dan letakkan kaki kamu ke dalam air selama 10 menit.

Di sini kalian bisa mencampurkan air panas dan garam agar kaki bisa terhindar dari penyakit kutu air.

2. Minum Segelas Air Putih

Selain karena stres, ditemukan juga beberapa kasus, tekanan darah tinggi yang tidak terkontol disebabkan oleh dehidrasi. Sebab, kondisi ini dapat menyebabkan volume darah dalam tubuh akan menurun.

Sehingga dapat menyebabkan sakit kepala dan detak jantung yang tidak stabil. Untuk itu, ketika kamu merasa atau mengalami kondisi dehidrasi segeralan minum 1-2 gelas air.

BACA JUGA:Inilah 8 Manfaat Vitamin E untuk Kulit dan Rambut, Efektif Lembapkan Kulit dan Kilaukan Rambut

BACA JUGA:Segar dan Kuat di Usia Tua, Ini Dia Rekomendasi 5 Susu untuk Orang Tua Terbaik, Bikin Badan Kuat

Hal tersebut tentunya dapat membantu kamu untuk mengembalikan volume darah yang cukup dalam tubuh secara perlahan dan secara tidak langsung juga dapat menurunkan tekanan darah.

3. Yoga

Melakukan yoga juga dipercaa merupakan cara alami menurunkan tekanan darah dalam 10 menit yang selanjutmya.

Sebab, salah satu pose dalam yoga ini dapat membantu menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Salah satu pose tersebut yakni dengan berbaring telentang semabri memejamkan mata.

Dalam pose tersebut cobalah relaksasikan setiap otot dalam tubuh agar tidak tegang dan lepaskan segala beban dalam pikiran dan tubuh kalian agar terhindar dari rasa stress.

BACA JUGA:Daftar 6 Buah untuk Menurunkan Hipertensi dengan Segala Kandungannya, Rekomendasi untuk Pasien Darah Tinggi

BACA JUGA:Enak dan Bermanfaat! 4 Buah untuk Meredakan Darah Tinggi Lengkap dengan Kandungan di Dalamnya

4. Berlatih Pernapasan di Lubang Hidung Kiri

Cara alami menurunkan tekanan darah tinggi dalam 10 menit yang berikutnya adalah melatih pernapasan.

Pernapasan perut bagian dalam lubang hidung sebelah kiri akan membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Karena, cara ini dipercaya dapat merelaksasikan pembuluh darah dan mengurangi hormon stres yang mana merupakan pemicu timbulnya tekanan darah tinggi.

Untuk caranya sendiri, duduklah di lantai atau kursi dalam posisi yang nyaman dengan punggung lurus. Kemudian letakkan tangan kiri di perut dan tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari kanan,

Selanjutnya ambil napas dalam-dalam lewat lubang hidung kirim tahan selama 5 detik, lalu hembuskan perlahan-lahan.

BACA JUGA:Mudah Dibuat! Inilah 4 Resep Jus Penurun Darah Tinggi yang Enak dan Menyegarkan

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 5 Cara Membuat Jus untuk Menurunkan Darah Tinggi agar Mendapatkan Manfaat yang Optimal

5. Mendengarkan Musik Klasik

Sudah dipercaya sejak dulu, bahwa dengan mendengarkan musik klasik, dapat membuat hati merasa tenang dan tanpa disadari alunan mudik tersebut juga dapat merelaksasikan tubuh dan mengurangi hormon kortisol.

Hal ini tentunya dapat membantu kalian dalam menurunkan tekanan darah tinggi, terutama jika digabungkan dengan latihan pernapasan dan meditasi.

6. Melakukan 2 Titik Pijat

Cara alami menurunkan tekanan darah dalam 10 menit yang selanjutnya adalah dengan melakukan pijat di 3 titik pijat di bagian kepala, leher, dan wajah.

Sebab, dengan memijat bagian-bagian tersebut, akan meredakan ketegangan pada otot leher, dan mengembalikan alirah darah ke otak agar kalian bisa terhindar dari rasa stres. Untuk titik tepat pemijatnya yakni sebagai berikut.

BACA JUGA:Manfaat Rajin Berdizikir, Cara Mengobati Darah Tinggi Tanpa Obat yang Dianjurkan oleh Dr. Zaidul Akbar

BACA JUGA:Coba Ini! 5 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat Menurut Dr. Zaidul Akbar

Titik pertama sendiri terletak di belakang daun telinga.  Untuk titik kedua terletak di bagian leher, pijat leher secara lembut dengan gerakan ke atas dan ke bawah, ulangi 10 kali di setiap masing-masing sisi leher.

Sedangkan titik ketiga terletak di wajah dengan ketinggian daun telinga sekitar 0,5 sm dari telinga. Pijat kedua sisi dengan ujung jari selama kurang lebih 2 menit dengan gerakan memutar berlawanan arah jarum jam.

Nah, itulah cara alami menurunkan darah tinggi dalam 10 menit. Selain beberapa cara di atas, kalian juga bisa mengatasi diabetes dengan cara olahraga dan menjaga  pola makan sehat.

Sebab, badan yang sehat dan terhindar dari obesitas juga dapat mencegah timbulnya tekanan darah yang berlebih.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: