Wajib Tahu! Inilah 5 Cara Membuat Jus untuk Menurunkan Darah Tinggi agar Mendapatkan Manfaat yang Optimal

Wajib Tahu! Inilah 5 Cara Membuat Jus untuk Menurunkan Darah Tinggi agar Mendapatkan Manfaat yang Optimal

cara membuat jus untuk menurunkan darah tinggi-ilustrasi cara untuk membuat jus penurun darah tinggi yang benar-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Mengetahui cara membuat jus untuk menurunkan darah tinggi merupakan langkah yang harus kamu ketahui setelah mengenal jenis buah penurun darah tinggi.

Sebab, untuk membuat jus untuk menurunkan darah tinggi tidak boleh asal-asalan. Ada berbagai langkah agar bahan dasar yang diolah menjadi jus terjaga kebersihannya dan jus pun aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Selain itu, dengan mengetahui cara membuat jus untuk menurunkan berat badan juga dapat membantu kalian mendapatkan manfaat yang optimal dari kandungan, baik dari sayur, buah, ataupun campuran antara keduanya.

Lantas, bagiamanakah cara untuk membuat jus penurun darah tinggi tersebut? Adakah langkah khusus dalam membuat jus tersebut? Berikut ini cara tepat membuat jus untuk menurunkan berat badan.

BACA JUGA:Mampu Meredakan Nyeri Sendi, Inilah 7 Rekomendasi Obat Asam Urat yang Bagus di Apotek

BACA JUGA:Coba Ini! 5 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat Menurut Dr. Zaidul Akbar

1. Pilihlah Buah atau Sayur yang Segar

Jika kamu berencana membuat jus sayur, maka pilihlah sayuran yang masih segar. Sebab, jika kamu memilih sayur yang sudah layu, kandungan gizi dari sayur tersebut tentunya sudah berkurang.

Sedangkan, jika kamu berencana membuat jus buah, maka pilihlah buah-buahan segar dan sudah matang. Sebab, selain memiliki rasa manis yang khas, buah-buahan yang sudah matang memiliki nutrisi yang maksimal dan biasanya lebih aman untuk pencernaan.

Selain itu, jika memungkinkan, pilihlah buah dan sayur organik agar kamu bisa mendapatkan kualitas minuman yang lebih baik.

Sebab, minuman yang terbuat dari bahan-bahan organik dibubidayakan tanpa menggunakan bahan kimia apapun yang membahayakan bagi kesehatan.

BACA JUGA:Mampu Mencegah Kanker dan Menurunkan Risiko Diabetes, Inilah 9 Makanan Sumber Vitamin D

BACA JUGA:Dijamin Hilang dengan Cepat! Ini Dia 9 Obat Penghilang Bekas Luka di Apotek Terbaik

2. Cuci Buah atau Sayur Hingga Bersih

Selain memilih buah dan sayuran yang tepat, pastikan juga buah dan sayur agar dicuci hingga benar benar bersih agar buah atau sayur yang kalian gunakan dapat terhindar dari segala bakteri.

Sebab, menurut US Food and Drugs Administration, buah-buahan dan sayuran mentah yang hendak dikonsumsi dapat mengandung bakteri berbahaya di permukaannya.

Jadi, saat mencucinya, gosok permukaan sayur dan buah dengan tangan, dan wajib menggunakan air mengalir untuk membilasnya. Hal ini dilakukan agar bakteri dan peptisida terbuang terbawa bersama air.

Setelah dicuci dengan bershi, tempatkan sayuran dan buah yang sudah dicuci pada wadah yang kering, bersih, dan berlubang agar sisa air dapat turun ke bawah.

BACA JUGA:Daftar 6 Buah untuk Menurunkan Hipertensi dengan Segala Kandungannya, Rekomendasi untuk Pasien Darah Tinggi

BACA JUGA:10 Buah untuk Badan Lemas dan Pusing yang Sayang Dilewatkan!

3. Pastikan Tangan dan Peralatan untuk Membuat Jus yang Digunakan Bersih

Selain kedua hal di atas, pastikan juga tangan dan peralatan untuk membuat jus yang diguanakan dalam kondisi bersih.

Peralatan di sini mulai dari blender, sendok, pisau, hingga gelas, pastikan tidak ada noda dan bau. Selain itu, sebaiknya peralatan tersebut juga tidak digunakan bergantian untuk bahan makanan lain, seperti daging atau ikan.

Karena, hal ini daat mengakibatkan jus yang diolah terkontaminasi silang yang mana bisa menyebabkan foodborne illness. Kontaminasi silang sendiri merupakan proses perpindahan mikroorganisme ke makanan melalui media tertentu.

4. Kupas Kulit Buah atau Sayur Jika Diperlukan

Untuk sayur atau buah yang memiliki kulit, sebaiknya sebelum diblender, kalian kupas terlebih dahulu bagian kulit tersebut. Hal ini bertujuan agar buah atau sayur benar-benar bebas dari paparan bakteri ataupun kotoran lainnya yang menempel.

Kalian juga perlu membuang bagian daging maupun sayur yang sudah rusak. Sebab, kualitas buah dan sayur yang baik tentunya akan menghasilkan jus lebih sehat dengan manfaat yang maksimal.

BACA JUGA:Inilah 5 Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Darah Tinggi, Efektif Bantu Turunkan Tekanan Darah

BACA JUGA:10+ Suplemen Vitamin Alami dari Buah-buahan untuk Badan Lemas dan Lesu, Aman dan Sehat Bagi Tubuh

5. Batasi Penggunaan Pemanis Buatan

Terakhir, batasi penggunaan pemanis buatan. Cara yang terakhir ini merupakan cara yang paling penting dalam pembuatan jus penurun darah tinggi, namun terkadang terlupakan oleh beberapa orang.

Usahakan batasi memberikan gula tambahan di dalam jus, bila perlu janan gunakan gula sama sekali. Kalian bisa mengganti gula dengan madu agar madu agar tetap sehat.

Sebab, gula dapat menambah jumlah kalori jus dan berdampak tidak baik bagi kesehatan, seperti memicu diabetes dan obesitas.

Kementerian Kesehatan Indonesia sendiri sudah menuturkan bahwa rekomendasi batas konsumsi gula harian untuk orang dewasa, maksimalnya sebanyak 50 gram atau setara dengan 4 sdm/hari. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: