Kapolri dan Panglima TNI Resmikan Monumen Jenderal Hoegeng di Kota Pekalongan

Kapolri dan Panglima TNI Resmikan Monumen Jenderal Hoegeng di Kota Pekalongan

Peresmian Monumen Jenderal Hoegeng di Kota Pekalongan, Sabtu (11/11/2023).-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

Dengan dibangunnya monumen Hoegeng ini, masyarakat sebagai generasi penerus bisa melihat langsung sosok dan sejarah kehidupan Jenderal Hoegeng melalui patung Hoegeng di monumen ini. 

Panglima TNI menilai, sosok Jenderal Hoegeng merupakan pemimpin yang penuh kesederhanaan, bersahaja, dan dekat dengan masyarakat.

"Tentu, beliau menjadi suri tauladan dan patokan bagi kami, para pemimpin dan masyarakat untuk mencontoh beliau dengan sifat-sifat kesederhanaanya," ungkapnya. 

BACA JUGA:Ada Tank AMX 13 dan Meriam di Sebelah Tugu Perjuangan Pekalongan yang Akan Diresmikan Hari Ini

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam sambutannya mengatakan bahwa Jenderal Hoegeng patut jadi teladan bagi seluruh generasi penerus bangsa. 

"Beliau merupakan sosok yang patut dicontoh tidak hanya kepolisian tetapi lapisan masyarakat," ujarnya.

Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid, menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Polri khususnya Polda Jawa Tengah yang telah menginisiasi pembangunan Monumen Hoegeng di Kota Pekalongan. 

Menurut sejarah, mantan Kapolri Jenderal Hoegeng dilahirkan dan memulai karir di kepolisian di Kota Pekalongan, sehingga Polda layak membangun monumen tersebut di daerah ini.

"Alhamdulillah, lahir salah satu legenda dari jajaran kepolisian yaitu beliau, Jenderal Hoegeng yang sampai sekarang tidak hanya menjadi panutan bagi jajaran kepolisian, tetapi panutan juga bagi semua masyarakat atas dedikasi dan pengabdiannya," ucap Aaf, sapaan akrab Wali Kota Afzan.

BACA JUGA:Bantu Warga yang Kekeringan, Kapolda Jateng Serahkan Bantuan 2 Sumur Bor di Kabupaten Pekalongan

Disampaikan Aaf, dengan dibangunnya Monumen Hoegeng ini, Kota Pekalongan mendapatkan keberkahan terutama di area Stadion Hoegeng, setelah sebelumnya di kawasan ini juga sudah terbangun Tugu Perjuangan yang diinisiasi oleh jajaran TNI.

Pihaknya mengaku bangga dan menegaskan bahwa sosok Hoegeng sudah layak menjadi pahlawan nasional.

"Alhamdulillah wajah baru Kota Pekalongan ini tampak. Sinergitas ini menjadi penting. InshaAllah kami jajaran Pemkot dan masyarakat Kota Pekalongan yang akan merawat monumen Hoegeng dan Tugu Perjuangan di stadion ini sehingga menjadi kebanggan masyarakat Kota Pekalongan, Jawa Tengah, dan Indonesia," pungkasnya.

Peletakan batu pertama pembangunan Monumen Hoegeng ini secara resmi telah dilaksanakan pada 26 September 2023 oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, bersama Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya, perwakilan forkopimda, ulama, FKUB, dan dari unsur pengusaha.

BACA JUGA:Kenang Pertempuran Corps Armada-IV/Corps Marinir di Batang, Monumen Tank dan Meriam di Resmikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: