Wajib Dihindari! 10 Gejala Kolesterol Serius yang Harus Diwaspadai

Wajib Dihindari! 10 Gejala Kolesterol Serius yang Harus Diwaspadai

Gejala Kolesterol Serius yang Harus Diwaspadai--freepik.com/lifestylememory

2. Tekanan Darah Tinggi

Gejala selanjutnya yang sering dikaitkan dengan tanda-tanda kolesterol tinggi adalah tekanan darah tinggi.

Ketika pembuluh darah menyempit karena plak kolesterol dan mengeras karena kalsium, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah. Inilah yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

BACA JUGA:Jurus Ampuh Langsingkan Perut secara Alami! Ini Dia Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Perut Buncit

Karena tekanan darah tinggi tidak dapat dirasakan secara langsung seperti nyeri dada, satu-satunya cara untuk mendeteksinya adalah dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin.

3. Halitosis (Bau Mulut)

Tanda-tanda kadar kolesterol tinggi selanjutnya adalah bau mulut. Meskipun tidak banyak orang yang mengira bahwa bau mulut merupakan indikasi kolesterol tinggi, namun halitosis merupakan gejala yang paling umum terjadi.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat berdampak serius pada pencernaan. Gangguan ini menyebabkan kekeringan dan bau tak sedap pada mulut.

4. Pusing dan Sakit Kepala

Selain menyumbat aliran darah ke jantung, penumpukan plak juga dapat mengganggu aliran darah ke otak.

Inilah sebabnya mengapa penderita kolesterol tinggi mengalami gejala pusing dan sakit kepala. Selain peredaran darah yang tidak lancar, oksigenasi sel juga terhambat.

Sakit kepala yang parah secara tiba-tiba juga dapat mengindikasikan gejala stroke. Stroke disebabkan oleh sirkulasi darah dan oksigen yang akhirnya terganggu oleh penumpukan kolesterol di arteri.

5. Mudah Lelah

Jika akhir-akhir ini atau dalam waktu yang lama kamu merasa mudah lelah meskipun sudah cukup istirahat, mungkin saja hal ini disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam darah.

BACA JUGA:Badan Sering Capek? Berikut 5 Jenis Vitamin untuk Badan Lelah dan Pegal-pegal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: