Wajib Dihindari! 10 Gejala Kolesterol Serius yang Harus Diwaspadai

Wajib Dihindari! 10 Gejala Kolesterol Serius yang Harus Diwaspadai

Gejala Kolesterol Serius yang Harus Diwaspadai--freepik.com/lifestylememory

9. Sembelit

Satu lagi gejala sembelit yang bisa kamu rasakan dampaknya secara langsung, sembelit. Penumpukan kolesterol jahat memang menjadi sumber masalah dari segala penyakit.

Organ pencernaan juga bisa terganggu karena terlalu banyak kolesterol LDL yang mengendap di pembuluh darah. Namun, sembelit tidak selalu mengacu pada kolesterol tinggi, bisa jadi karena makanan yang salah.

Oleh karena itu, penting untuk mengontrol kadar kolesterol, terutama kolesterol LDL, agar terhindar dari berbagai penyakit.

10. Xanthoma (Benjolan di Kulit)

Gejala kolesterol terakhir yang dapat mengindikasikan tingginya kadar kolesterol dalam darah adalah Xanthoma. Ini adalah kondisi di mana lemak berkembang di bawah kulit.

Meskipun lemak ini berkembang seperti benjolan, kamu tidak akan merasakan sakit. Xanthoma umumnya muncul pada persendian seperti lutut dan siku, tetapi kadang-kadang juga dapat muncul pada kaki, tangan dan bokong.

Ukuran Xanthomas bervariasi dari sekecil jerawat hingga sebesar buah anggur dan biasanya berwarna kuning atau oranye. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi. 

Telah terbukti bahwa kolesterol tinggi merupakan salah satu sumber penyakit lainnya. Meskipun kamu tidak dapat merasakan efeknya secara langsung, namun efek jangka panjangnya sangat mengerikan.

BACA JUGA:Ini Dia 15 Buah untuk Menurunkan Kolesterol, Cocok Dikonsumsi Sehari-hari

Jangan sepelekan kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam darah. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah atau mengatasi kolesterol LDL yang tinggi.

Salah satunya, jangan lupa atur pola makan dan gaya hidup sesehat dan sedini mungkin.

Itulah beberapa gejala kolesterol serius yang wajib kamu waspadai. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: