Ini Dia 5 Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Kolesterol Tinggi Pada Tubuhmu

Ini Dia 5 Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Kolesterol Tinggi Pada Tubuhmu

kebiasaan yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi.--freepik.com/yanalya

BACA JUGA:Inilah Tips Menurunkan Kolesterol untuk Pekerja Kantoran yang Terbukti Efektif dan Layak Dicoba

2. Tidak aktif

Berbaring di sofa atau kasur yang empuk sambil memutar film favorit, bermain handphone, atau membaca novel memang menjadi aktivitas yang sangat disukai. Namun, jika kebiasaan ini sering dilakukan, maka dapat menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Apalagi jika tiduran didukung dengan kebiasaan ngemil yang kaya akan lemak. Lemak akan tertimbun di dalam pembuluh darah, karena tidak ada aktivitas yang kamu lakukan untuk membakar lemak tersebut. 

3. Memiliki Berat Badan Berlebih

Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan tanda bahwa banyak kadar kolesterol jahat yang terperangkap di dalamnya. Jika kadar lemak berlebihan, maka kadar kolesterol pun cenderung tinggi. 

Tidak hanya kolesterol tinggi, obesitas juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Untuk mencegahnya, menjaga berat badan ideal merupakan hal yang penting, agar kadar kolesterol HDL dan LDL dalam tubuh tetap stabil.

4. Memiliki Kebiasaan Merokok

Perokok aktif menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya zat akrolein yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Caranya adalah dengan menghalangi kerja enzim yang bertanggung jawab untuk menjaga kadar LDL tetap dalam batas normal. 

Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif juga dapat mengalami risiko yang sama, yaitu mengalami penyumbatan pembuluh darah yang dapat berujung pada gangguan jantung. 

5. Penyakit-penyakit Tertentu Juga Bisa Menjadi Penyebabnya

Tidak hanya kebiasaan yang tidak sehat, kolesterol tinggi dapat terjadi karena adanya penyakit di dalam tubuh yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah. Beberapa penyakit yang dimaksud antara lain:

- Diabetes.

- Tekanan darah tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: