Mudah Dilakukan, Inilah Cara Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik HDL yang Wajib Kamu Coba Sehari-hari

Mudah Dilakukan, Inilah Cara Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik HDL yang Wajib Kamu Coba Sehari-hari

cara meningkatkan kadar kolesterol HDL--freepik.com/rawpixel.com

Orang yang mengalami obesitas lebih berisiko terkena penyakit jantung karena kadar kolesterol jahat yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, saran terbaik untuk menurunkan berat badan atau mencapai berat badan ideal adalah dengan berolahraga secara teratur dan menerapkan pola makan yang sehat.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Kolesterol HDL

Beberapa jenis makanan tertentu dapat mempengaruhi kadar kolesterol HDL. Berikut adalah berbagai jenis makanan tersebut:

Minyak zaitun

Lemak yang menyehatkan jantung bisa ditemukan dalam buah zaitun dan minyak zaitun. Minyak ini dapat mengurangi dampak inflamasi kolesterol LDL pada tubuh dan merupakan sumber kolesterol HDL. 

Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh, termasuk sereal, dan beras merah, dapat menurunkan kolesterol LDL dan kolesterol total serta kaya akan kolesterol HDL. 

Kacang-kacangan dan polong-polongan

Seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan polong-polongan merupakan sumber serat larut yang baik. Kamu bisa mencoba kacang hitam, kacang polong, kacang merah, kacang navy, dan lentil.

Buah-buahan berserat tinggi

Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak serat, seperti apel, dan pir mampu membantu menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan. 

Ikan berlemak

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan berlemak kaya akan kolesterol baik.

Beberapa rekomendasinya adalah salmon, makarel, tuna albacore, sarden, dan ikan trout. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pastikan untuk berdiskusi dengan dokter mengenai porsi yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: