Inilah 3 Makanan Laut yang Mengatasi Kolesterol Tinggi, Ampuh Membantu Atasi Kolesterol Tinggi

Inilah 3 Makanan Laut yang Mengatasi Kolesterol Tinggi, Ampuh Membantu Atasi Kolesterol Tinggi

Makanan Laut yang Mengatasi Kolesterol Tinggi--freepik.com/bearfotos

Kamu juga bisa mengolah ikan dengan cara dipanggang, dikukus, atau dibuat sup. Untuk ikan salmon, jika kamuyakin kualitas ikannya sangat bagus, mengonsumsinya mentah (ala sashimi atau poke bowl) juga baik untuk kesehatan. 

2. Kerang

Apakah kamu pecinta kerang? Dari segi nutrisi, kerang merupakan jenis makanan laut yang kaya akan vitamin B12, kalsium, zat besi, dan fosfor.

Vitamin dan mineral tersebut dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan serta kesehatan tulang dan saraf.

Apakah kerang mengandung kolesterol? Ya, mengandung kolesterol. Namun, berbagai penelitian menemukan bahwa kolesterol yang ada dalam kerang sulit dicerna oleh usus, sehingga sebagian besar kolesterol kerang akan dikeluarkan oleh tubuh melalui feses.

Berbeda dengan cara kamu makan salmon, kamu tidak boleh makan kerang mentah.

Beberapa kerang mengandung bakteri Vibrio vulificus yang menyebabkan keracunan makanan. Cara terbaik untuk memasak kerang adalah dengan merebusnya. 

3. Udang dan Lobster

Udang dan lobster merupakan salah satu makanan laut yang paling favorit karena rasanya yang lezat. Namun, udang dan lobster sering dianggap sebagai penyebab kolesterol tinggi. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Mengapa?

Di satu sisi, udang dan lobster mengandung kolesterol. Namun, di sisi lain, kedua makanan tersebut mengandung omega-3 yang tinggi. Omega-3 mampu menetralisir kolesterol jahat dalam darah.

Selain itu, udang dan lobster juga mengandung selenium dan zat besi yang cukup tinggi, yang mana keduanya sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Cara memasak udang dan lobster juga perlu diperhatikan. Untuk menjaga kadar kolesterol, hindari menggorengnya. Merebus akan memberikan nutrisi yang lebih baik. Kamu juga bisa menumisnya dengan minyak zaitun.

Jadi tidak semua makanan laut menyebabkan kolesterol tinggi. Namun, meskipun ketiga makanan laut yang disebutkan di atas kaya akan nutrisi dan dapat membantu mengatasi kolesterol tinggi, jangan sampai lengah dan ketahui batasannya.

Agar tidak menyebabkan kadar kolesterol melonjak, makanan laut tersebut sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari tiga kali dalam seminggu dan porsinya tidak lebih dari 150 gram.

Selain itu, pastikan kamu mengolah makanan laut dengan benar. Jangan lupa untuk mengecek kadar kolesterolmu secara rutin!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: