Pemkot Pekalongan Terima Aset PSU 5 Perumahan

Pemkot Pekalongan Terima Aset PSU 5 Perumahan

Pelaksanaan serah terima aset PSU perumahan ke Pemkot Pekalongan, Rabu, 20 Desember 2023.-Istimewa-

Secara keseluruhan, hingga saat ini sudah ada 48 perumahan yang telah menyerahkan PSU kepada Pemkot Pekalongan.

Sedangkan sisanya yang PSU 44 perumahan, diharapkan akan bisa diserahterimakan di tahun-tahun mendatang.

"Jadi, kami masih punya PR lagi 44 perumahan yang belum diserahterimakan PSU nya dan harapannya di tahun-tahun mendatang bisa segera diserahterimakan PSUnya kepada Pemkot Pekalongan," ungkap Andrianto.

Andrianto memaparkan bahwa PSU (Prasarana, Sarana, dan Utilitas) perumahan terdiri dari jalan, saluran, fasilitas ibadah (mushola/masjid), sarana pendidikan, ruang terbuka (taman). 

Serah terima PSU ini dilakukan untuk pemeliharaan ke depannya. Mengingat, biasanya jika perumahan sudah laku semua, maka tanggung jawab pengembang kepada penghuni perumahan ini sudah lepas.

Sementara, masyarakat selaku penghuni perumahan tersebut membutuhkan infrastruktur PSU-nya terpelihara dengan baik.

"Ini yang menjadi kendala. Tatkala PSU perumahan tidak diserahkan, maka Pemkot akan kesulitan melakukan pemeliharaan, karena kepemilikan asetnya masih milik pengembang. Sementara, jika Pemkot ingin melakukan perbaikan tidak diperbolehkan," jelasnya. 

BACA JUGA:Raperda Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh Disetujui

"Sehingga, supaya hal ini berjalan dengan baik, asetnya harus diserahkan ke Pemkot untuk memelihara PSU nya tersebut," katanya.

"Dengan adanya serah terima PSU ini artinya sudah sah asetnya milik Pemkot dan untuk pemeliharaan selanjutnya bisa lebih tertib administrasi," imbuh Andrianto. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: