Ini Dia 4 Manfaat Olahraga bagi Penderita Hipertensi, dan Jenis Olahraga yang Aman Bagi Penderita Hipertensi

Ini Dia 4 Manfaat Olahraga bagi Penderita Hipertensi, dan Jenis Olahraga yang Aman Bagi Penderita Hipertensi

Ilustrasi olahraga bagi penderita hipertensi untuk menurunkan tekanan darah dan berat badan.-Freepik.com-

1. Menstabilkan Tekanan Darah

Pada saat tekanan darah sedang naik, kita biasa menanggulanginya dengan cara minum obat. Namun, untuk menjaga stabilitas tekanan darah normal, maka melakukan olahraga secara rutin juga sangat penting.

Dengan berolahraga, akan menjaga kesehatan dan meningkatkan kinerja jantung. Olahraga dapat membuat kondisi organ jantung jadi lebih kuat, sehingga tidak perlu bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Proses peredaran darah ke seluruh tubuh pun menjadai lebih lancar, dan tekanan darah juga lebih stabil.

2. Menurunkan Berat Badan

Penting juga berolahraga untuk menjaga berat badan ideal dan menghindari obesitas. Kondisi berat badan yang berlebih atau obesitas rentan menjadi salah satu penyebab hipertensi dan masalah kesehatan lainnya.

3. Mengelola Stres

Kemudian olahraga juga berperan penting dalam menjaga kesehatan mental. Olahraga secara rutin dapat meredakan stres.

Pada penderita hipertensi, selain dipicu dari makanan, stres juga menjadi faktor naiknya tekanan darah sementara secara signifikan. Jika kondisi ini dibiarkan, dikhawatirkan dapat memicu kondisi hipertensi secara permanan yang lebih sulit dalam penangannya.

4. Mengurangi Konsumsi Obat Hipertensi

Penderita hipertensi biasanya akan disarankan untuk rutin mengonsumsi obat untuk mengontrol tekanan darah.

Berolahraga secara rutin bisa menjadi cara alami yang tidak kalah efektif dalam menstabilkan tekanan darah. Sehingga secara perlahan, konsumsi obat penurun tensi dapat dikurangi dosisnya.

Lalu olahraga yang bagaimana yang sebaiknya dilakukan orang dengan riwayat atau penderita hipertensi? Berikut beberapa olahraga yang aman dilakukan untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

Rekomendasi Olahraga yang Aman Bagi Penderita Hipertensi

Setiap bidang olahraga memiliki keunggulan dan manfaatnya masing-masing. Memilih olahraga apa yang ingin ditekuni perlu mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: