Ini Dia 4 Manfaat Olahraga bagi Penderita Hipertensi, dan Jenis Olahraga yang Aman Bagi Penderita Hipertensi

Ini Dia 4 Manfaat Olahraga bagi Penderita Hipertensi, dan Jenis Olahraga yang Aman Bagi Penderita Hipertensi

Ilustrasi olahraga bagi penderita hipertensi untuk menurunkan tekanan darah dan berat badan.-Freepik.com-

Karena tidak semua jenis olahraga cocok untuk semua kalangan. Beberapa orang dengan masalah kesehatan tertentu perlu memilih dengan lebih hati-hati terkait olahraga apa yang ingin ditekuni.

Seperti bagi para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Olahraga sangat penting dilakukan untuk membantu menstabilkan tekanan darah dan mengontrol berat badan.

Bagi penderita hipertensi, cobalah pada aktifitas fisik yang memiliki intensitas sedang. Olahraga dengan intensitas sedang akan sangat membantu meningkatkan kinerja jantung dan pembuluh darah tanpa membuatnya bekerja terlalu keras.

Untuk rekomendasi jenis olahraga dengan intensitas sedang yang bisa dicoba dan aman untuk penderita hipertensi adalah jenis olahraga aerobik.

BACA JUGA:Alasan Senam Aerobik Jadi Andalan Para Pejuang Diet, Efektif Menurunkan Berat Badan Lho!

BACA JUGA:Terkenal sebagai Olahraga Penurun Berat Badan, Ini Dia Pengertian dan Manfaat Olahraga Aerobik

Aerobik berasal dari kata "aerob" atau oksigen, yaitu olahraga yang dapat meningkatkan sistem pernafasan dan kinerja organ jantung. Olahraga aerobik akan melibatkan otot-otot besar di dalam tubuh seperti otot kaki, bahu, dan lengan.

Maka dari itu efek dari latihan otot besar ini ada pada peningkatan kinerja jantung dalam mengedarkan oksigen dan aliran darah ke seluruh tubuh. Cara kerja olahraga aerobik biasanya memiliki irama atau gerakan yang berulang. 

Dikutip dari hellosehat.com, melakukan olahraga aerobik secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik pada pasien hipertensi hingga 5-7 mmHg. Tekanan darah sistolik sendiri adalah tekanan darah pada saat jantung berkontraksi memompa darah. 

Olahraga aerobik secara rutin juga dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung hingga 20-30 persen. 

Ada banyak jenis olahraga aerobik dengan intensitas sedang yang bisa dipilih untuk penderita hipertensi seperti bersepeda santai, jalan kaki, berenang, dan sejenisnya. Sebelum melakukan jenis olahraga tertentu, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: