Segera Atasi! Ini 6 Kebiasaan Buruk Saat Berbicara, Bikin Kamu Terkesan Menyebalkan

Segera Atasi! Ini 6 Kebiasaan Buruk Saat Berbicara, Bikin Kamu Terkesan Menyebalkan

Kebiasaan buruk saat berbicara--freepik.com

Kamu hanya peduli pada dirimu sendiri dan segala pemikiran yang kamu punya, itu merupakan kebiasaan buruk saat berbicara yang akan membuat orang sangat sebal menjalin interaksi denganmu.

Sikap egois dalam hal ini bisa tercermin melalui tindakanmu yang selalu ingin menjadikan dirimu sendiri sebagai pusat percakapan yang terjadi. Kamu tidak memberikan orang lain kesempatan untuk menceritakan diri mereka dan hanya fokus menceritakan dirimu sendiri.

Sikap ini hanya akan membuat orang lain muak, sebab mereka merasa tidak dilibatkan dan tidak dianggap penting dalam percakapan yang terjadi di antara kalian.

Keras Kepala untuk Memenangkan Pendapat

Enggan menghargai pendapat orang lain dan cenderung memaksakan pendapat sendiri juga merupakan kebiasaan buruk saat berbicara yang sangat menyebalkan. Orang bahkan menjadi kesal kepadamu dan menilai bahwa dirimu bukanlah orang yang bisa diajak untuk berdiskusi.

Dalam komunikasi, kamu tidak harus selalu bersikeras untuk membuktikan mana yang salah dan benar, tetapi yang utama adalah menghargai semua pendapat dari siapa pun itu.

Bersikeras memenangkan argumen tidak akan memberikanmu manfaat apa pun, kecuali membuatmu terlihat tidak sopan.

BACA JUGA Gunakan 5 Trik Komunikasi Persuasif untuk Meyakinkan Orang, Buat Mereka Mengikuti Kemauanmu!

Insensitive

Ketika berkomunikasi, kamu harus pandai-pandai membaca situasi, sehingga apa yang kamu ucapkan tidak akan memberikan dampak buruk seperti menyinggung perasaan orang lain, membuat orang lain putus asa, dan sebagainya.

Sikap tidak peka atau insensitive merupakan kebiasaan buruk saat berbicara yang harus segera kamu hilangkan. Kamu bisa memperburuk situasi jika terus bertahan dengan sikap buruk yang seperti ini.

Terus Bergosip

Apa pun topik yang sedang dibicarakan, kamu selalu menggiringnya hingga sampai pada konteks gosip. Ini merupakan salah satu kebiasaan buruk saat berbicara yang membuat percakapan menjadi tidak nyaman.

Orang juga bisa jadi berpikir bahwa ada kemungkinan kamu membicarakan mereka ketika mereka sedang tidak bersamamu. Akibatnya, berbagai asumsi buruk bisa dijatuhkan kepadamu dan tentu kamu tidak menginginkan hal yang demikian.

Jadi, apakah kebiasaan buruk saat berbicara di atas ada pada dirimu? Jika iya, maka kamu harus segera mengubahnya. (")

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: