Segera Atasi! Ini 6 Kebiasaan Buruk Saat Berbicara, Bikin Kamu Terkesan Menyebalkan

Segera Atasi! Ini 6 Kebiasaan Buruk Saat Berbicara, Bikin Kamu Terkesan Menyebalkan

Kebiasaan buruk saat berbicara--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Disadari atau tidak, terkadang kamu membuat orang lain sebal dan malas berbicara denganmu karena kebiasaan buruk saat berbicara yang kamu miliki.

Perlu kamu pahami bahwa komunikasi merupakan aktivitas yang melibatkan orang lain, sehingga terhadap berbagai aturan dan nilai yang harus kamu ikuti untuk menjaga kualitas interaksi sosial tersebut.

Oleh karenanya, berikut ini akan disajikan beberapa contoh kebiasaan buruk saat berbicara yang bisa membuatmu dicap menyebalkan. Dengan membaca daftar di bawah ini, kamu bisa mengevaluasi dirimu dan kemudian berusaha untuk menghilangkan kebiasaan itu.

Lantas, apa saja contoh kebiasaan buruk saat berbicara tersebut? Yuk, simak artikelnya sampai akhir!

BACA JUGA Tanpa Paksaan! Ada 5 Cara untuk Menjadi Komunikator Persuasif Agar Mudah Membujuk Orang Lain

Menyela Perkataan Orang Lain

Bisa jadi kamu tidak setuju dengan pendapat lawan bicaramu atau kamu ingin membagikan ceritamu yang serupa dengan mereka. Akan tetapi, sangat tidak bijak jika kamu bersikap tidak sabaran dengan memotong perkataan lawan bicaramu.

Kebiasaan buruk saat berbicara ini akan membuat lawan bicaramu merasa tidak dihargai. Mereka akan cenderung kesal kepadamu dan tidak lagi ingin menjalin percakapan di antara kalian. Terlebih lagi, ini merupakan tindakan yang tidak sopan. 

Pahamilah bahwa aktivitas ini bukan hanya tentang dirimu. Maka, berikan hak yang sepantasnya kepada orang lain untuk berbicara.

Sibuk dengan Aktivitas Lain

Tidak memperhatikan lawan bicaramu dalam proses komunikasi kalian juga merupakan tindakan yang sangat tidak sopan. Entah kamu sedang sibuk dengan kegiatan membaca, bermain ponsel, dan lainnya, kamu tidak seharusnya membuat lawan bicaramu merasa diabaikan.

Jika kamu tidak ingin dicap sebagai seseorang yang menyebalkan, maka pastikan kamu menjatuhkan fokus sepenuhnya kepada lawan bicaramu ketika mereka sedang menuangkan pikirannya.

Pun jika ada hal mendesak yang harus kamu lakukan contohnya membalas pesan, ungkapkan kepada mereka sehingga mereka bisa memahami situasimu.

Egois

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: