Ada Aturannya! Ini 6 Contoh Etika Komunikasi yang Harus Kamu Taati Jika Tidak Ingin Terjadi Keributan

Ada Aturannya! Ini 6 Contoh Etika Komunikasi yang Harus Kamu Taati Jika Tidak Ingin Terjadi Keributan

Contoh etika komunikasi--freepik.com

Sehingga, contoh etika komunikasi selanjutnya yang harus kamu patuhi adalah mendengarkan. Pahami betul pesan yang disampaikan lawan bicaramu dan buatlah mereka merasa nyaman untuk menceritakan kisahnya karena merasa didengar olehmu.

Dengan mendengarkan, kamu juga bisa memberikan respons yang etis.

BACA JUGA 4 Buku Self-Improvement untuk Menuntaskan Masalah Komunikasi, Dijamin Jadi Jago Bicara!

Menghargai Perbedaan

Karena komunikasi melibatkan setidaknya dua orang, maka sudah jelas bahwa perbedaan bisa saja terjadi dalam aspek apa saja. Tugasmu untuk menciptakan proses komunikasi yang berkualitas adalah dengan menghargai perbedaan yang terjadi tersebut.

Jangan sekali-kali menampilkan perbuatan atau ucapan yang dapat ditafsirkan merendahkan, tidak toleran, atau kebencian baik kepada individu, kelompok, atau komunitas tertentu.

Contoh etika komunikasi yang satu ini juga mengaturmu untuk tidak merasa paling benar sehingga memandang rendah siapa pun yang tidak sejalan denganmu.

Kontrol Diri yang Baik

Dalam berkomunikasi, usahakan bahwa dirimu tidak mudah tersulut apa pun situasinya. Sebab, menghadapi segala sesuatu semata dengan mengedepankan emosi hanya akan membuat keadaan semakin memburuk.

Contoh etika komunikasi ini mengajarkanmu untuk berupaya menghindari ketidakenakan. 

Selain itu, kamu juga perlu menahan diri supaya tidak menyela orang lain karena tindakan tersebut tidak hanya menunjukkan kurangnya rasa hormat, tetapi juga menyebabkan pendengar lain tidak sepenuhnya memahami apa yang tengah dibicarakan. 

Etika komunikasi harus mempertimbangkan kapan waktu yang tepat dalam menyampaikan sesuatu. Usahakan untuk tidak mendominasi percakapan dan berikanlah kesempatan bagi orang lain untuk berbicara.

Pastikan kamu peka terhadap hal ini.

Bertanggung Jawab

Jangan pernah sekali pun berlepas diri dari persoalan yang ada campur tanganmu di dalamnya, termasuk apa yang terjadi ketika sebuah proses komunikasi berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: