6 Bahasa Tubuh yang Mendatangkan Citra Negatif, Berhati-Hati untuk Tidak Menampilkannya saat Berkomunikasi

6 Bahasa Tubuh yang Mendatangkan Citra Negatif, Berhati-Hati untuk Tidak Menampilkannya saat Berkomunikasi

Bahasa tubuh yang mendatangkan citra negatif--freepik.com

Menghindari Kontak Mata

Menatap lawan bicara tepat di mata sering kali membuat orang merasa grogi, sehingga mereka memilih untuk mengindari kontak mata agar bisa menyampaikan pesan tanpa grogi.

Akan tetapi, ini bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi gugup atau grogi. Sebab, menghindari kontak mata merupakan bahasa tubuh yang mendatangkan citra negatif di mana orang yang diajak bicara menjadi tidak nyaman.

Lawan bicaramu bisa berasumsi negatif tentang hal ini, bisa jadi mereka berpikir bahwa kamu tidak menghormatinya, bahwa penampilan mereka tidak menarik, dan lainnya.

Bahasa Tubuh dan Bahasa Verbal yang Tidak Sesuai

Memang benar bahwa bahasa tubuh sangat berguna untuk menguatkan bahasa verbal. Akan tetapi, bahasa tubuh bisa menjadi bumerang ketika kamu menampilkannya secara berlawanan dengan bahasa verbal yang kamu katakan.

Ketidaksinkronan ini bisa menjadi bagian dari bahasa tubuh yang mendatangkan citra negatif di mana bisa menciptakan persepsi yang salah dalam diri seseorang tentangmu.

Adanya ketidaksesuaian antara ucapan dan gerak tubuhmu bisa membuat orang meragukan apa yang kamu katakan.

Menyilangkan Lengan

Bahasa tubuh yang mendatangkan citra negatif adalah gerakan menyilangkan lengan. Mungkin ini terjadi secara otomatis karena kamu tidak tahu harus membuat gerakan seperti apa dengan tanganmu.

Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa menyilangkan tangan justru akan membuat lawan bicaramu bertanya-tanya tentang apa yang sebenarnya kamu sembunyikan. Begitulah menurut ahli bahasa tubuh bernama Patti Wood.

BACA JUGA Bikin Orang Kepincut! Inilah 5 Kebiasaan Positif dalam Berkomunikasi yang Buat Orang Nyaman Ngobrol Denganmu

Menyilangkan Kaki

Terakhir, bahasa tubuh yang mendatangkan citra negatif yang akan dibahas dalam artikel ini adalah gerakan menyilangkan kaki.

Sebenarnya, ini tidak berkaitan dengan apakah audiens atau lawan bicaramu menangkap pesanmu dengan benar atau tidak. Akan tetapi, bahasa tubuh yang satu ini membuat orang lain melihatmu sebagai pribadi yang angkuh. Oleh karenanya, kamu juga perlu mempertimbangkan untuk membuat gestur ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: