Apa Saja Makanan yang Bikin Jantung Sehat untuk Para Lansia Usia 60 Tahun ke Atas? Buruan Cek Daftarnya!

Apa Saja Makanan yang Bikin Jantung Sehat untuk Para Lansia Usia 60 Tahun ke Atas? Buruan Cek Daftarnya!

makanan yang bikin jantung sehat -ilustrasi makanan yang bikin jantung sehat -freepik.com

Sebab, kulit anggur merah ini mengandung polifenol yang mana bisa melindungi endotel atau jaringan yang melapisi pembuluh darah agar berfungsi secara normal.

Tidak hanya itu saja, buah ini juga memiliki manfaat lainnya seperti mengurangi lemak darah, menurunkan tekanan darah, hingga meningkatkan fungsi trombosir yang mana dapat mencegah pembentukan plak.

5. Alpukat

Selain anggur, para lansia juga bisa mengonsumsi alpukat sebagai makanan menyehatkan yang dapat menjaga kesehatan jantung,

Sebab, buah ini mengandung senyawa lipofilik. Lipofilik sendiri merupakan senyawa yang dapat larut dalam lemak seperti polifenol, pitosterol, karotenoid, squalene, vitamin E, serta asam lemak tak jenuh tunggal.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Buah-Buahan Segar yang Baik untuk Penyakit Jantung dan Aman Dikonsumsi Lansia Usia 60 Tahun ke Atas!

BACA JUGA:Inilah 7 Buah yang Sehat untuk Jantung Lansia Usia 65 Tahun ke Atas! Yuk Konsumsi Mulai dari Sekarang

Senyawa itulah yang dapat diandalkan dalam menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. Sehingga secara tidak langsung juga dapat mencegah terjadinya penumpukan plak yang dapat menimbulkan risiko permasalahan pada jantung.

6. Apel

Dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan antioksidan, buah apel ini mengandung senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Selain itu, kandungan yang terdapat dalam buah ini juga mampu meningkatkan proses metabolisme lemak di dtubuh, serta menangkal radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan sel atau reaksi peradangan.

Itulah beberapa makanan yang bikin jantung sehat yang dapat kalian coba. Bagi kalian yang ingin mengonsumsi makanan ini, meskipun bermanfaat untuk tubuh, kalian juga perlu membatasi porsinya.

Jangan sampai kalian memakan salah satu dari makanan tersebut dalam jumlah yang terlalu banyak, sehingga dapat menyebakan komplikasi lainnya yang membahayakan tubuh.

Sementara untuk para lansia, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi jenis makanan diatas. Sebab, terdapat beberapa kondisi yang mana melarang kalian mengonsumsi salah satu makanan tersebut.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: