Capek Diteror Pinjol? Begini Cara Keluar dari Jeratan Utang Pinjol Menurut Ustaz Adi Hidayat

Capek Diteror Pinjol? Begini Cara Keluar dari Jeratan Utang Pinjol Menurut Ustaz Adi Hidayat

Capek Diteror Pinjol? Begini Cara Keluar dari Jeratan Utang Pinjol Menurut Ustaz Adi Hidayat-Tangkap layar -YouTube Adi Hidayat official

Harus diketahui dengan pasti akad perjanjian yang digunakan dalam pinjaman online atau pinjol. Akadnya menggunakan sistem konvensional atau sistem syariah.

Saat ini sudah ada aturan dari MUI tentang akan perjanjian yang sesuai syariah. Banyak sekali panduan lengkapnya dan banyak juga perbedaan dengan akad konvensional.

2. Cara pembayaran

Cara pembayaran harus dijelaskan dengan detail diawal termasuk jika ada potongan untuk biaya administrasi harus dijelaskan dengan transparan. Sehingga ketika perjanjian disepakati semua sudah paham isi dari akad perjanjian tersebut.

BACA JUGA:Gus Baha Ungkap Hukum Membentak Anak Menurut Islam, Jangan Sekali-kali Dilakukan, Haram!

BACA JUGA:Doa Ini Khusus Dibaca Oleh Orang yang Ingin Bebas Utang dan Deras Rezekinya, Ustaz Adi Hidayat: Amalkan Rutin

3. Konsekuensi jika gagal bayar

Ini tidak kalah pentingnya, yaitu konsekuensi juka terjadi gagal bayar. Jika terjadi gagal bayar apakah ada tambahan bunga atau tidak bertambah tagihan bunga tapi hanya menambah waktu pengembaliannya.

Dalam sistem syariah, jika terjadi gagal bayar maka akan diberikan kelonggaran waktu untuk bisa membayar cicilannya kembali tanpa menambah utangnya.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan jika dilihat dari ketiga aspek itu maka mengerucutlah kapada sistem riba, maka hukum Pinjaman Online atau Pinjol adalah haram atau tidak boleh.

Lalu, bagaimana cara keluar dari jeratan utang Pinjaman Online atau Pinjol?

Ustaz Adi Hidayat memberikan nasihat untuk segera bertaubat dengan penuh kesungguhan dan kepasrahan kepada Allah. Mohon ampun karena sudah bertransaksi dengan riba. Kemudian secara pelan-pelan selesaikan urusan riba tersebut.

BACA JUGA:Hukum Kredit Sepeda Motor Lewat Bank Syariah, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Cara yang Benar Supaya Tidak Riba

BACA JUGA:Galau Masalah Jodoh? Begini Cara Mendapatkan Jodoh Terbaik Lewat Jalur Langit Kata Ustaz Adi Hidayat

Itulah nasihat dan cara untuk bisa keluar dari jeratan pinjol menurut Ustaz Adi Hidayat. Semoga yang saat ini masih terkena pinjol bisa segera terselesaikan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: