Konferwil XVI NU Jawa Tengah Dibuka, Ketua PWNU Jateng: Konferwil Aktualisasi Konstitusi Organisasi

Konferwil XVI NU Jawa Tengah Dibuka, Ketua PWNU Jateng: Konferwil Aktualisasi Konstitusi Organisasi

Konferwil XVI NU Jawa Tengah dibuka di Gedung Aswaja PCNU Kota Pekalongan, Selasa, 5 Maret 2024.-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Konferensi Wilayah (Konferwil) XVI Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Tengah resmi dibuka di Gedung Aswaja PCNU Kota Pekalongan, Selasa, 5 Maret 2024.

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah, KH Muhammad Muzamil, mengatakan bahwa Konferwil merupakan aktualisasi warga NU Jawa Tengah dalam menaati konstitusi organisasi.

Kiai Muzamil menuturkan, kepengurusan PWNU Jateng masa khidmah 2018-2013 yang diperpanjang selama kurun waktu enam bulan, akan berakhir pada 7 Maret 2024.

"Menjelang masa berakhirnya SK perpanjangan, kami mendapat perintah dari Pengurus Besar (PBNU) untuk menyelenggarakan Konferwil. Perintah itu kami respon dengan menggelar rapat pleno wilayah pada 26 Februari, hasilnya Konferwil kami jadwalkan tanggal 5-6 Maret," kata Kiai Muzamil dalam sambutannya di acara pembukaan Konferwil XVI NU Jateng di Gedung Aswaja, Kota Pekalongan, Selasa, 5 Maret 2024.

Jadwal Konferwil yang diajukan oleh PWNU Jateng itu kemudian mendapat persetujuan dari PBNU. Selanjutnya PWNU Jateng memberikan amanat kepada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan untuk menjadi tuan rumah Konferwil yang persiapannya sangat pendek ini.

"Alhamdulillah, PCNU Kota Pekalongan siap, maka terselenggaralah Konferwil ini. Kepada pengurus cabang dan MCNU se-Jateng yang mengikuti kegiatan ini disampaikan ucapan terima kasih," ungkapnya.

BACA JUGA:Konferwil PWNU Jateng Diharapkan Hasilkan Kebijakan Strategis yang Sejalan Dengan Pembangunan Daerah

BACA JUGA:Ketum PBNU Lantik Pengurus PCNU Kota Pekalongan

Kiai Muzamil menambahkan, kepada seluruh warga NU di Jateng disampaikan ucapan terima kasih yang baru saja berpartisipasi mengikuti pesta demokrasi dan memenangkan bangsa Indonesia dalam pesta demokrasi itu.

Kepada pemerintah, imbuhnya, diharapkan akan terus bergandengan dengan NU dalam  mengadvokasi dan mendampingi warga masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan.

Upacara Konferwil XVI NU Jateng dihadiri Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Pj Gubernur Jateng Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, ribuan peserta Konferwil dari 36 PCNU dan ratusan MWCNU se-Jateng, Lembaga dan Banom NU di Jawa Tengah, dan warga nahdliyyin.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan KH Muhtarom mengatakan atas nama warga NU Kota Pekalongan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan wilayah untuk menyelenggarakan konferwil ini, meski waktu persiapannya sempit sekali.

"Tentu di sana sini masih banyak kekurangan, karena itu kepada PWNU dan seluruh peserta konferwil kami menyampaikan  permohonan maaf," katanya.

Konferwil XVI NU Jawa Tengah ini dibuka secara resmi oleh Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), didampingi Pj Gubernur Jateng, Kapolda Jateng, Rais Syuriyah dan Ketua PWNU Jateng, serta Rais dan Ketua PCNU Kota Pekalongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: