Antisipasi Penumpukkan dan Kemacetan di Rest Area, Polres Batang Siapkan 4 Skenario Pengamanan

Antisipasi Penumpukkan dan Kemacetan di Rest Area, Polres Batang Siapkan 4 Skenario Pengamanan

Kapolres dan PJ Bupati Batang melakukan pengecekan kendaraan yang akan dipergunakan personil kepolisian dalam mengamankan arus mudik dan balik lebaran.-Dony Widyo -

BATANG - Untuk mengantisipasi kepadatan dan juga kemacetan di rest Area selama arus mudik dan balik, Polres Batang telah menyiapkan 4 skenario pengamanan.

Untuk itu, Polres Batang saat ini telah berkoordinasi dengan pengelola rest Area di KM 379A dan 360B Tol Semarang-Batang.

"Khusus untuk rest area di jalur tol, kita akan menerapkan 4 skenario. Jika terjadi kepadatan, akan diterapkan sistem pengaturan di dalam rest area, bahkan penerapan sistem buka tutup pintu masuk rest area jika diperlukan," ujar Kapolres Batang AKBP Nur Cahyo Ari Prasetyo ditemui usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi, di Jalan Veteran Kabupaten Batang, Rabu 3 April 2024.

Kapolres menjelaskan, jajarannya juga siap membantu para pemudik yang melintas di jalur tol  agar tetap merasa nyaman. Untuk itu, dua Pos pelayanan telah disiapkan di rest area 379A dan 360B.

"Polres Batang telah menyiapkan strategi pengamanan untuk arus mudik lebaran 2024 agar pemudik bisa aman dan nyaman.  Sebanyak 320 personel Polres Batang dibantu Kodim 0736 dan instansi terkait siap memberikan kenyamanan bagi pemudik," terang AKBP Nur Cahyo.

Selain di jalan tol, Polres Batang juga telah menyiapkan  4 pos utama, yaitu Pos Sinergitas, Pos Pengamanan, Pos Terpadu, serta 11 Pos Strong Poin. 

"Selama arus mudik dan balik, Pasukan akan disiagakan di jalur Pantura maupun tol untuk mengurai kepadatan dan juga keamanan pada pemudik," tegas AKBP Nur Cahyo.

Ditambahkan, untuk sstem satu arah akan dimulai pada Jumat, 5 April pukul 14.00 WIB, dengan menunggu arahan dari pusat.

Sebelumnya, akan dilakukan pembersihan di sekitar rest area. Aparat gabungan, termasuk TNI/Polri dan relawan, akan bertugas mulai malam Kamis, 3 April pukul 00.00 WIB hingga 16 April 2024.

Sementara itu, Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, menambahkam, langkah konkret pemerintah dalam mendukung kelancaran arus mudik, melalui keterlibatan aparat Satpol PP, Dishub, BPBD, serta TNI/Polri dan relawan.

"Semua kami terjunkan ke lapangan bersama TNI/Polri dan relawan untuk membantu pengamanan selama arus mudik dan balik," katanya.

Dandim 0736/Batang, Letkol Inf Ahmad Alam Budiman, menegaskan komitmen Kodim Batang dalam mendukung pengamanan arus mudik.

"Apabila dibutuhkan kami telah menyiapkan 370 personel untuk membantu Polres Batang, sehingga pemudik tetap merasa nyaman saat melintas di jalur Pantura maupun tol Batang - Semarang," tandas Dandim. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: