Cepat Penuh Tapi Ternyata Tak Aman! Inilah 5 Dampak Buruk Mobil Listrik Sering Pakai Fast Charging

Cepat Penuh Tapi Ternyata Tak Aman! Inilah 5 Dampak Buruk Mobil Listrik Sering Pakai Fast Charging

Cepat Penuh Tapi Ternyata Tak Aman! Inilah 5 Dampak Buruk Mobil Listrik Sering Pakai Fast Charging-Youtube.com/Fitra Eri-

2. Usia Baterai yang Pendek

Dampak buruk mobil listrik sering pakai fast charging yang kedua adalah usia baterai yang pendek. Siklus fast charging justru mempercepat pula siklus pengisian daya dan pengosongan baterai sehingga pada akhirnya akan memperpendek usia baterai.

Baterai yang lebih cepat aus tentu saja akan memerlukan penggantian yang lebih sering sehingga biaya yang dibutuhkan tidak sedikit.

3. Risiko Keamanan

Dampak buruk mobil listrik sering pakai fast charging yang ketiga adalah risiko keamanan. Panas yang dihasilkan selama pengisian daya cepat ini bisa menyebabkan komponen baterai mengalami kerusakan hingga kebakaran.

Mobil listrik modern yang telah dibekali dengan sistem menajemen baterai yang canggih untuk meminimalisir risiko ini, tetap saja penggunaan fast charging yang terlalu sering bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya masalah keamanan.

BACA JUGA:Apakah Motor Injeksi Harus Dipanaskan Sebelum Digunakan atau Tidak? Simak, Alasannya

BACA JUGA:Kaum Perempuan Merapat! Inilah 5 Helm Murah untuk Perempuan yang Nyaman, Bisa Naikin Kecantikanmu!

4. Tekanan Tambahan pada Infrastruktur Listrik

Dampak buruk mobil listrik sering pakai fast charging yang keempat adalah memberikan tekanan tambahan pada infrastruktur listrik. Fast charging membutuhkan daya yang sangat besar dalam waktu singkat.

Hal tersebutlah yang bisa menyebabkan lonjakan permintaan listrik dan berpotensi menimbulkan gangguan pada jaringan listrik. Apabila banyak pengguna mobil listrik yang menggunakan fast charging bersamaan maka dapat mengakibatkan kelebihan beban pada jaringan listrik dan memicu pemadaman.

5. Dampak Lingkungan

Dampak buruk mobil listrik sering pakai fast charging yang terakhir adalah dampak lingkungan. Meskipun mobil listrik terkenal ramah lingkungan, tapi penggunaan fast charging yang sering justru bisa menimbulkan dampak lingkungan yang negatif.

Produksi baterai mobil listrik menggunakan bahan kimia dan energi yang cukup besar. Apabila baterai harus diganti lebih sering diganti akibat dari penggunaan fast charging, maka akan semakin banyak baterai yang diproduksi dan lebih banyak limbah baterai yang dihasilkan.

BACA JUGA:Driver Ojek Online Harus Pakai! Inilah 5 Helm Murah Nyaman dan Keren, Harganya Cukup Terjangkau Kok!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: