Sangat Mudah, Inilah Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Di Dalam Pot yang Wajib Diketahui Pemula

Sangat Mudah, Inilah Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Di Dalam Pot yang Wajib Diketahui Pemula

Sangat Mudah, Inilah Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Di Dalam Pot yang Wajib Diketahui Pemula--Freepik

Seperti pada tanaman lain, anggrek juga membutuhkan nutrisi agar dapat tumbuh dan berbunga secara optimal. Sumber nutrisi pada anggrek selain dari media tanamnya juga dapat diperoleh melalui pemberian pupuk.

Kalian perlu memperhatikan pemberian pupuk pada saat masa vegetatif dan masa generatif tanaman anggrek. Pada saat masa vegetatif atau pertumbuhan, kalian dapat memberikan pupuk NPK dengan perbandingan 30:10:10. Sebaliknya pada masa generatif atau pada saat pembungaan, kalian dapat memberikan pupuk NPK dengan perbandingan 10:30:30 untuk merangsang bunga agar dapat mekar secara sempurna.

Kalian juga dapat menggunakan ZPT atau zat pengatur tumbuh sesuai dengan dosis yang dianjurkan yang dapat dibeli di toko pertanian untuk merangsang pertumbuhan akar dan supaya bunga anggrek tidak mudah rontok.

Perlu diingat, bahwa pupuk yang diberikan sebaiknya dalam keadaan cair dan harus disemprotkan langsung pada akar agar nutrisi yang terkandung pada pupuk dapat terserap sempurna oleh akar.

Baca Juga: 10 Media Tanam untuk Anggrek yang Cocok dan Mudah Digunakan, Bikin Anggrek Jadi Cepat Berbunga

3. Pengendalian Hama

Kalian perlu secara rutin memeriksa tanaman anggrek setiap satu minggu sekali minimal. Hal ini bertujuan, agar kalian dapat segera mengetahui apabila ada hama pada taman anggrek dan dapat langsung diatasi.

Kalian dapat menyemprotkan air sabun atau pestisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan untuk dapat membasmi hama yang mengganggu pada tanaman anggrek seperti, kutu, lalat ataupun tungau.

4. Intensitas Cahaya

Tanaman anggrek diketahui tidak menyukai terkena paparan sinar matahari secara langsung, oleh karena itu kalian harus meletakkan pot berisi tanaman anggrek tersebut di tempat yang teduh.

Apabila kalian ingin meletakkan pot berisi tanaman anggrek tersebut di dalam rumah, kalian dapat meletakkan pot tersebut dipinggir jendela.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Inilah 6 Cara Merawat Anggrek Bulan Agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbunga

Itulah tadi beberapa cara menanam dan merawat bunga anggrek di dalam pot yang perlu kalian ketahui. Bagaimana, mudah bukan?

Setelah kalian berhasil menanam bunga anggrek di dalam pot, lanjutkan perawatannya dengan melakukan cara-cara seperti yang telah disebutkan di atas untuk mendapatkan bunga yang indah. Selamat Mencoba.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: