Tikus Hewan Pintar dan Sulit Dikendalikan, Ini 5 Alasannya

Tikus Hewan Pintar dan Sulit Dikendalikan, Ini 5 Alasannya

Tikus termasuk hewan pintar dan sulit diberantas.-Tangkapan layar freepik.com-

Alasan utama tikus bisa masuk rumah dengan mudah lantaran tubuh tikus yang panjang dan cenderung berbentuk seperti silinder. Tubuh tikus yang fleksibel memudahkan mereka untuk melakukan hal-hal seperti berlari di terowongan dan melalui ruang yang sempit, melompat, memanjat hingga menyelinap ke celah terkecil.

Baca lagi:Simak Ini, Cara Efektif Mengusir Tikus dari Rumah, Bisa Dibuktikan

4. Tikus adalah pemakan segalanya

Makanan yang disukai tikus sangat tergantung pada dimana tempat tinggal tikus dan jenis tikus itu sendiri. Meskipun demikian, tikus sebagai hama dikenal sebagai hewan omnivora dan pemakan oportunistik. 

Tikus atap dapat memakan daging dan biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan. Jenis tikus got suka makan biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan sereal, daging hingga ikan.

Lantaran tikus suka makan segalanya, maka kebersihan rumah khususnya di tempat dimana terdapat banyak bahan mentah atau makanan siap saji yang biasa kita konsumsi di rumah harus dijaga dengan baik.

5. Tikus suka bersembunyi di tempat yang sulit dijangkau manusia

Tikus suka bersembunyi di tempat yang gelap dan hangat di dalam rumah, sebab hewan ini pemalu dan nokturnal (beraktivitas di malam hari). Tikus membangun sarangnya dari bahan-bahan lunak di salam rumah seperti kain, kardus, dan kertas.

Kita kerap jumpai tikus bersarang di atap rumah, di bawah atau di balik perabotan rumah tangga seperti kompor, sofa, almari, atau kulkas, di balik tembok, di ventilasi udara, di dalam garasi atau gudang, bahkan bisa membangun sarangnya di mesin mobil.

Baca juga:Pantas Tikus Dalam Islam Disebut Hewan Fasik, Ini 7 Penyakit yang Disebabkan Tikus Jika Berkeliaran di Rumah

Cara Mencegah Tikus Masuk Rumah

Tikus dapat menjadi hama yang dapat mengganggu rumah. Tidak mudah mengusir tikus dari rumah, terutama jika mereka dapat dengan mudah memenuhi tiga kebutuhan dasar untuk bertahan hidup di dalam rumah, seperti sumber makanan, sumber air, dan tempat bersarang.

Cara terbaik untuk mencegah tikus masuk rumah adalah dengan tidak memberi hewan pengerat ini sedikit pun akses ke sumber makanan, air, dan tempat bersarang di dalam rumah kamu:

Caranya, jaga kondisi rumah tetap bersih dengan tidak menumpuk barang-barang bekas seperti koran dan kardus bekas yang dapat menjadi tempat persembunyian tikus. Kedua, simpan semua bahan makanan ke dalam wadah yang tertutup rapat.

Selanjutnya, jangan meninggalkan piring kotor di bak cuci dapur semalaman. Secara reguler mengosongkan tempat sampah dan tidak membiarkan kantong plastik sampah tertinggal di dalam rumah dan pastikan tidak ada kebocoran pada pipa dan saluran air di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: