Inilah Vitamin untuk Badan Lemas karena Asam Lambung

Inilah Vitamin untuk Badan Lemas karena Asam Lambung

Ilustrasi badan lemas karena asam lambung-Freepik-Freepik.com

5. Vitamin B-6

Vitamin B-6, yang juga dikenal sebagai piridoksin, juga berperan untuk mengatur kadar asam amino dalam tubuh yang terkait dengan produksi asam lambung.

Kekurangan vitamin B-6 dapat mengganggu fungsi otak dan memperburuk gejala refluks asam lambung. Vitamin B-6 dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan, termasuk daging, ikan, kacang-kacangan, dan pisang.

6. Folat (Vitamin B-9)

Vitamin B folat sangat penting untuk menjaga perkembangan sel yang sehat dalam tubuh serta mendukung kesehatan saluran pencernaan. Folat dapat membantu mengurangi risiko peradangan asam lambung. 

BACA JUGA:Cegah Nyeri Setelah Makan, Ini Vitamin Lambung dan Usus yang Baik untuk Sistem Pencernaan

BACA JUGA:Blackmores Vitamin D Aman untuk Lambung, Apa Saja Sih Produk Suplemennya?

Suplemen lainnya untuk mengatasi asam lambung

1. Probiotik

Probiotik dapat membantu mengurangi beberapa gejala perut seperti cairan lambung yang naik ke tenggorokan, mulas, sakit perut, dan mual.

Probiotik bekerja dengan cara menyeimbangkan kadar bakteri atau mikrobiota dalam saluran pencernaan. 

Hasilnya, lapisan pelindung organ pencernaan menjadi lebih kuat, sehingga mengurangi risiko iritasi akibat asam lambung. 

Bakteri baik juga dapat meningkatkan pepsinogen atau enzim yang dapat mempercepat pengosongan lambung selama proses pencernaan.

Jika pengosongan lambung terjadi secara lambat, lambung akan lebih asam dalam waktu yang lama. Hal ini memicu iritasi pada lambung dan kerongkongan serta melemahkan katup kerongkongan bagian bawah. 

Akibatnya, kamu rentan mengalami sakit perut dan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: