6 Makanan Rendah Kolesterol yang Cocok Dikonsumsi saat Diet, Salah Satunya Buah Jeruk yang Tinggi Serat

6 Makanan Rendah Kolesterol yang Cocok Dikonsumsi saat Diet, Salah Satunya Buah Jeruk yang Tinggi Serat

makanan rendah kalori-freepik.com-freepik.com

Adapun jenis kacang yang sebaiknya dikonsumsi adalah kacang almond, kacang kenari dan kacang tanah. Untuk proses memasaknya cukup menggunakan metode panggang saja, dan hindari goreng-gorengan.

2. Biji-bijian

Biji-bijian seperti oat atau biji bunga matahari sangat baik apabila dijadikan salah satu menu makanan rendah kolestrol, sebab mengandung serat yang disebut dengan beta-glukan, vitamin, antioksidan, mineral, dan kandungan lain yang dapat menurunkan kolesterol.

Selain itu biji-bijian juga akan membantu menarik kolesterol saat dicerna dan baik untuk diet, serta sangat disarankan untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Ikan yang kaya omega 3

Ikan merupakan makanan yang cukup sering disarankan untuk para penderita kolesterol, terutama ikan tuna, ikan kembung dan ikan salmon.

Sebab ikan-ikan tersebut memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi dan bagus untuk menurunkan kadar LDL yang dapat memicu penyakit jantung.

BACA JUGA:Stop Makan Makanan Ini Jika Ingin Diet Berhasil, Apa Saja?

Setidaknya mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3 ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Omega 3 yang kita konsumsi mampu mengurangi lemak dalam darah, serta menjaga kesehatan jantung.

4. Olahan kedelai

Kedelai sendiri mengandung isoflavon yang dapat menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi tahu, tempe, hingga susu kedelai.

5. Sayuran hijau

Sayur hijau seperti bayam, brokoli dan kangkung akan membantu penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidannya yang mampu mengikat asam empedu yang dihasilkan dari kolesterol. Selain itu sayuran hijau juga baik dalam mencegah adanya resiko penyakit jantung.

6. Buah yang kaya serat

Makanan rendah kolesterol yang terakhir adalah buah-buahan, buah mengandung vitamin dan serat yang cukup tinggi, serta pilih beberapa buah yang mengandung pektin di dalamnya, sebab dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang ada pada tubuh kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: