Mengenal tentang Diet DASH, Benarkah Diet yang Satu ini Dapat Mencegah Tekanan Darah Tinggi?

Mengenal tentang Diet DASH, Benarkah Diet yang Satu ini Dapat Mencegah Tekanan Darah Tinggi?

Diet DASH-Proostoleh/freepik.com-freepik.com

BACA JUGA:Tanpa Obat Pelangsing, Inilah 6 Cara Cepat Kurus dengan Diet Sehat Alami

2. Kurangi konsumsi gula

Memang mengunsumsi makanan asin dan manis itu lebih enak ketimbang makanan yang hambar. Namun sama seperti garam, ternyata mengonsumsi terlalu banyak gula tidak baik untuk tubuh.

Gula yang berlebihan selain dapat mebuat berat badan naik, tekanan darah juga bisa naik lho. Sebab gula yang terlalu banyak akan memicu kerusakan pada ginjal.

Nah, apabila fungsi ginjal sudah terganggu maka pembuangan air pun tidak maksimal. Di mana gejala ini nantinya menyebabkan tekanan darah naik. 

3. Kurangi konsumsi lemak

Saat melakukan diet DASH juga sharusnya mengurangi asupan lemak, apalagi lemak yang jenuh. Nantinya apabila lemak bersarang terlalu banyak di dalam tubuh tidak hanya menimbulkan kolesterol, tetapi pembentukan plak juga akan menyumbat pembuluh darah yang akhirnya tekanan darah meningkat. 

Beberapa makanan yang mengandung lemak jenuh yaitu daging merah, susu murni, mentega, keju, daging unggas dan kulitnya, minya kelapa, dan lain-lain.

BACA JUGA:8 Makanan Tinggi Serat untuk Diet, Baik untuk Melancarkan Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan

BACA JUGA:6 Makanan Rendah Kolesterol yang Cocok Dikonsumsi saat Diet, Salah Satunya Buah Jeruk yang Tinggi Serat

4. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Sama seperti diet pada umumnya, diet DASH juga harus mengonsumsi buah dan sayur. Hal ini untuk mendapatkan sumber serat untuk tubuh kita.

Serat ini mampu menyerap kandungan lemak yang ada pada darah, sehingga akan menurukan atau bahkan menghindarkan dari resiko tekanan darah tinggi. 

5. Perbanyak konsumsi protein

Protein bisa kita dapatkan dari sumber hewani dan nabati, seperti ikan, tempe, kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, dan lain-lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: