Apakah Buah Khuldi Ada di Bumi? Ini Fakta dan Misteri di Balik Buah Terlarang yang Dikonsumsi Nabi Adam

Apakah Buah Khuldi Ada di Bumi? Ini Fakta dan Misteri di Balik Buah Terlarang yang Dikonsumsi Nabi Adam

Apakah Buah Khuldi Ada di Bumi? Ini Fakta dan Misteri di Balik Buah Terlarang yang Dikonsumsi Nabi Adam -Skylar Zilka / Unsplash-

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa: 

“Sesungguhnya di surga terdapat sebuah pohon yang apabila seorang pengendara di bawahnya kerindangannya berjalan selama seratus tahun namun belum bisa mengitarinya yaitu pohon khuldi.” (HR. Ghandar dan Hajjaj dari Syu’bah)

Terdapat riwayat lain yang mengatakan bahwa pada awalnya buah  ini bukan bernama Khuldi. Nama Khuldi adalah pemberian iblis yang menggoda Nabi Adam AS dan Siti Hawa. 

“Kemudian syaitan membisikkan pikiran jahat kepadanya, dengan berkata: Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon Khuldi dan kerajaan yang tidak akan pernah binasa?” (Q.S Taha: 120) 

“Maka syaitan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan syaitan berkata: “Tuhan kamu tidak melarangmu dan mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal (dalam surga).” (QS.Al Araf: 20) 

BACA JUGA: Teman Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah: Kisah Abu Bakar Ash Shiddiq yang Menginspirasi

BACA JUGA: Kisah Umar bin Khattab, Quraisy Bengis yang Tersentuh setelah Membaca Ayat Al-Quran

Turunnya Nabi Adam AS dan Siti Hawa ke Dunia 

Meski sudah diperingati secara langsung oleh Gusti Allah SWT, Nabi Adam serta Siti Hawa tetap tergoda oleh bisikan iblis dan akhirnya memakan buah itu. Dan kemudian keduanya merasa sakit perut. 

Padahal, para penghuni surga tidak pernah merasa ingin buang hajat. Secara surga adalah tempat suci yang tidak ada setitik pun noda dan najis, terlebih kotoran dari orang yang melanggar larangan Alah SWT dan memakan buah surga yang membuat perut mereka sakit. 

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa kala itu Nabi Adam AS mengitari surga, hingga Allah SWT mengutus malaikat untuk bertanya padanya mengenai hal yang membuatnya resah. 

Nabi Adam AS Kemudian mengeluhkan tentang sakit perutnya dan keinginan untuk membuang hajat. 

Tentu saja, tidak ada tempat yang pantas untuk itu di surga. Maka, diturunkanlah Nabi adam dan Siti Hawa ke dunia. 

Meski Allah SWT telah menerima Taubat mereka dan meminta ampun, tapi efek dari buah itu tidak bisa dihindari. Mereka harus membuang hasil dari makan mereka dan membuka aurat-aurat mereka. 

 BACA JUGA: Jejak Perjuangan dan Kecerdasan Menantu Rasulullah SAW: Kisah Ali bin Abi Thalib, Si Gerbang Pengetahuan

BACA JUGA: Mengenal Lebih Dekat Kisah Utsman bin Affan, Sahabat Nabi dengan Julukan Pemilik Dua Cahaya

Tafsir para Ahli Mengenai Buah Khuldi 

Apakah buah khuldi ada di bumi? Ahli tafsir masih memperdebatkan soal itu. 

Karena jika dilihat dari sifat buahnya yang bisa membuat manusia lupa diri serta menghidupkan sifat hawa nafsu lawamah atau nafsu tercela, buah ini bisa jadi berasal dari dunia. 

Apakah buah Khuldi adalah buah anggur? Gandum? Kita tidak tahu pasti. Meskipun kedua tumbuhan ini dalam beberapa skenario bisa menghidupkan hawa nafsu, akan tetapi ahli tafsir pun masih belum yakin mengenai kebenarannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: