Ini Berbagai Genre Novel Populer, Mana yang Jadi Favoritmu?

Ini Berbagai Genre Novel Populer, Mana yang Jadi Favoritmu?

Fantastis! Ada 7 Genre Novel Populer, Mana yang Jadi Favoritmu?--freepik.com

2. Nonfiksi

Bertolak belakang dengan fiksi, genre novel yang satu ini justru berkisah dari kejadian nyata atau berdasarkan pada realitas yang bisa ditemui. Bisa jadi penulis menggunakan kisah nyatanya sendiri atau bahkan milik orang lain.

Alur cerita nonfiksi ini biasanya berkisah tentang kehidupan nyata sehari-hari atau suatu Sejarah yang ada di masa lalu.

Alur cerita dengan genre nonfiksi pun bisa diambil dari kisah nyata orang lain yang kadang kala memberikan moral value atau nilai moral kepada masyarakat pembaca melalui representasi cerita pada novel nonfiksi tersebut.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika penulis mendramatisir kenyataan yang menjadi inspirasinya.

Novel-novel dengan genre nonfiksi, di antaranya novel Habibie & Ainun, Ketika Mozart Kecil Memainkan Jemarinya, Tan Malaka: Biografi Singkat 1897 – 1949, dan novel sejenisnya.

BACA JUGA:Lengkap! Ini Ciri, Struktur, dan Jenisnya, Pahami Pengertian Novel yang Sebenarnya

Genre Novel Berdasarkan Jenis

Dalam kategori ini, terdapat genre novel yang cukup banyak yakni:

1. Romance atau Romansa

Seperti judulnya, genre novel ini mengisahkan cerita romansa yang lazimnya melibatkan dua orang yang sedang merasakan cinta.

Novel bergenre ini dapat dikatakan merupakan novel dengan peminat yang lebih banyak dari genre lainnya, sebab pada hakikatnya kisah romansa merupakan kesukaan masyarakat luas.

2. Fantasi

Jika novel romansa cenderung relate dengan kehidupan sehari-hari, maka genre novel yang satu ini justru sangat jauh dengan kehidupan nyata.

Cerita bergenre fantasi akan mengusung tema, seperti mitos yang penuh dengan kegaiban, kekuatan supranatural, serta dunia fantasi yang membuat hidup para tokohnya yang sesungguhnya tidak ada dalam dunia nyata manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: