15 Buah dan Sayur Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

15 Buah dan Sayur Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

buah dan sayur penurun kolesterol tinggi--freepik.com/kamranaydinov

3. Stroberi

Selain kedua buah di atas, polifenol juga dapat ditemukan pada buah beri seperti stroberi. Polifenol merupakan senyawa nabati yang secara alami dapat mengatur sistem kardiovaskular. Senyawa ini ditemukan dalam jumlah yang tinggi pada stroberi.

Hal inilah yang membuat stroberi dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tidak hanya stroberi, kamu juga bisa mengonsumsi buah beri lainnya untuk menurunkan kadar kolesterol.

4. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah penurun kolesterol karena mengandung kadar pektin yang cukup tinggi, sekitar 30 persen.

Pektin merupakan kumpulan serat yang dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Selain jeruk, pektin juga bisa kamu temukan pada buah jeruk lainnya, seperti lemon dan jeruk nipis.

BACA JUGA:Benarkah Durian Bisa Memicu Kolesterol? Berikut Ini 6 Fakta Buah Durian yang Jarang Diketahui

5. Pepaya

Buah dan sayur penurun kolesterol tinggi selanjutnya adalah pepaya. Pepaya adalah buah kaya serat yang dapat membantu tubuh untuk mengontrol tekanan darah dan mengatur kadar kolesterol jahat. Serat juga dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu buah pepaya berukuran besar (atau sekitar 780 gram pepaya) mengandung 13,3 gram serat, jumlah yang cukup tinggi.

6. Alpukat

Alpukat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Karena, dalam satu buah alpukat kamu dapat menemukan lemak tak jenuh, antioksidan tinggi dan berbagai macam vitamin seperti vitamin K, C, B5, B6, hingga E.

Semua nutrisi tersebut dapat menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah.

Semua nutrisi tersebut dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke. Tidak hanya itu, alpukat juga dapat mengatur kadar kolesterol jahat dan baik secara bersamaan.

7. Tomat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: