Inilah Daftar Makanan Tinggi Kolesterol yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari, Waspadai Makanan Kue

Inilah Daftar Makanan Tinggi Kolesterol yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari, Waspadai Makanan Kue

makanan tinggi kolesterol yang harus dikonsumsi dan dihindari.--freepik.com/freepik

2. Keju 

Keju Swiss terdapat sekitar 20mg kolesterol dan merupakan sumber kalsium dan juga nutrisi lainnya.

Sebuah penelitian selama 12 minggu pada 139 orang menemukan bahwa makan 3 ons (oz), atau 80g, keju penuh lemak per hari, yang dianggap sebagai asupan tinggi, tidak meningkatkan kolesterol LDL jika dibandingkan dengan keju rendah lemak dalam jumlah yang sama atau jumlah kalori yang sama dari roti dan selai. 

3. Kerang-kerangan 

Kerang, kepiting dan udang adalah sumber protein, vitamin B, zat besi dan selenium yang baik. Satu porsi udang kalengan seberat 3 ons (85 gram) mengandung 214 mg kolesterol.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak makanan laut dapat mengalami peningkatan kesehatan kognitif, visual dan kardiovaskular. 

4. Jeroan Daging 

Organ yang kaya akan kolesterol, seperti jantung, ginjal, dan hati - sangat bergizi. Jantung ayam misalnya, adalah sumber antioksidan kuat CoQ10, serta vitamin B12, zat besi dan juga seng. 

Sebuah studi tahun 2017 yang melibatkan 9.000 orang dewasa Korea menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi daging mentah dalam jumlah sedang, termasuk jeroan, memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi sedikit. 

5. Sarden

Ikan sarden kaya akan nutrisi dan merupakan sumber protein yang baik. Satu porsi 3,75 ons (92 g) ikan kecil ini mengandung 131 mg kolesterol. Ikan ini juga menyediakan 63% dari Nilai Harian (DV) untuk vitamin D, 137% dari DV untuk vitamin B12, dan 35% dari DV untuk kalsium.

6. Yoghurt

Yoghurt penuh lemak merupakan makanan kaya kolesterol yang dikemas dengan nutrisi. Satu cangkir (245 g) yogurt penuh lemak mengandung 31,8 mg kolesterol.

Penelitian mengaitkan peningkatan asupan produk susu fermentasi penuh lemak dengan penurunan kolesterol LDL dan tekanan darah serta penurunan risiko stroke, penyakit jantung, dan diabetes. 

BACA JUGA:Turunkan Kadar Kolesterol secara Alami, Inilah 8 Air Rebusan dan Jus Penurun Kolesterol dan Asam Urat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: