Turunkan Kolesterol Secara Alami, Konsumsi 6 Makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol berikut ini

Turunkan Kolesterol Secara Alami, Konsumsi 6 Makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol berikut ini

makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol--blog.widyaimersif.com

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi minuman kakao dua kali sehari selama sebulan, mengalami penurunan kolesterol jahat dan tekanan darah, serta peningkatan kolesterol baik.

Cokelat hitam dan kakao juga dapat melindungi kolesterol jahat dari oksidasi, yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Namun, sebagian besar cokelat juga mengandung gula tinggi yang dapat berdampak negatif pada jantung. Oleh karena itu, pilihlah cokelat atau cokelat hitam dengan kandungan kakao 75-85 persen atau lebih tinggi.

3. Bawang putih

Makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol selanjutnya adalah bawang putih. Tidak hanya sebagai bahan masakan, bawang putih juga telah digunakan sebagai obat sejak zaman dahulu.

Hal ini karena bawang putih mengandung senyawa tanaman yang kuat, seperti allicin, yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Manfaat Konsumsi Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Kencangkan Kulit Wajah

Kamu bisa mengonsumsi bawang putih secara langsung untuk mendapatkan manfaat ini.

4. Kedelai

Kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang dipercaya bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Sebuah analisis dari 35 penelitian menunjukkan bahwa kedelai dapat menurunkan kolesterol jahat dan kolesterol total, serta meningkatkan kolesterol baik.

Jadi, kamu bisa mengonsumsi makanan olahan kedelai, seperti tahu, tempe, oncom, susu kedelai dan lainnya sebanyak 25 gram sehari untuk menurunkan kolesterol tinggi. 

5. Sayuran

Sayuran adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Sayuran kaya akan serat dan antioksidan, serta rendah kalori yang sangat diperlukan untuk menjaga berat badan ideal.

Beberapa sayuran, seperti okra, terong, wortel, dan kentang, mengandung pektin atau serat larut yang dapat menurunkan kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: