Hobi Bersepeda? Begini Cara Bersepeda untuk Menurunkan Berat Badan yang Efektif

Hobi Bersepeda? Begini Cara Bersepeda untuk Menurunkan Berat Badan yang Efektif

Ilustrasi Cara Bersepeda Untuk Menurunkan Berat Badan.-Freepik.com-

Untuk menerapkan teknik latihan HIIT dengan bersepeda ini, kamu bisa melakukan bersepeda dengan cara bersepeda dalam laju yang cepat, kemudian tiap beberapa menit beri jeda dengan bersepeda santai selama 2-3 menit.

BACA JUGA:Apa Itu Olahraga Kardio? Tidak Hanya Efektif Menurunkan Berat Badan, Ini 8 Manfaat Olahraga Kardio untuk Tubuh

BACA JUGA:Ampuh dan Berhasil! Inilah 9 Latihan Kardio untuk Membakar Lemak dan Mengecilkan Perutmu dalam Waktu Singkat

Ulangi pola seperti ini selama kurang lebih 30 menit. Dengan teknik bersepeda seperti ini dapat membakar lebih banyak lemak dan kalori dalam waktu lebih singkat.

2. Meningkatkan Intensitas

Intensitas disini berupa laju kecepatan bersepeda. Mengayuh sepeda lebih cepat akan membakar kalori lebih banyak dibandingkan bersepeda santai.

Namun pastikan meningkatkan intensitas yang dilakukan memiliki irama, agar tubuh tidak gampang lelah. Kamu bisa menerapkan teknik HIIT tadi.

3. Tingkatkan secara Bertahap Durasi Bersepeda

Secara perlahan mulailah menambah durasi bersepeda. Jika di awal pembiasaan kamu bersepeda selama 30 menit, setelah tubuh mulai terbiasa, kamu bisa menambah durasi menjadi 45 menit.

Begitu seterusnya hingga dirasa sudah dalam kemampuan yang maksimal. Pastikan kamu mengetahui batas maksimal dalam bersepeda.

Jangan memaksakan diri agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kelelahan atau cedera.

4. Lakukan Variasi Berolahraga

Agar tidak terjebak dalam aktivitas monoton yang dapat memicu rasa bosan, lakukanlah jenis olahraga lain sebagai selingan.

Kamu bisa membuat jadwal rutin kapan waktunya bersepeda, dan kapan melakukan jenis olahraga lain dalam seminggu.

Misalnya untuk selingan di lain hari ambillah jenis olahraga angkat beban di rumah atau di gym. Hal ini akan lebih efektif dalam menjaga kekonsistenan dalam berolahraga karena tidak monoton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: