Begini Cara Melakukan Diet DASH, Menurunkan Berat Badan dengan Pola Makan Sehat

Begini Cara Melakukan Diet DASH, Menurunkan Berat Badan dengan Pola Makan Sehat

Ilustrasi cara melakukan diet DASH.-Freepik.com-

Cara Melakukan Metode Diet DASH

1. Kurangi Penggunaan Garam pada Masakan

Diet DASH merupakan kepanjangan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension, yang memang sangat dianjurkan bagi penderita hipertensi. Dan, salah satu bahan makanan pemicu hipertensi yang sering kita temui sehari-hari adalah garam.

Seperti sudah menjadi bumbu wajib pada masakan, hampir setiap menu memerlukan garam sebagi bumbu pelengkap. Namun saat dikonsumsi secara berlebihan, garam bisa memicu hipertensi.

Selain itu, selain gula dan makanan berlemak garam juga menjadi salah satu kandungan pada makanan yang dapat menyebabkan kegemukan.

Dikutip dari hellosehat.com, cara garam memicu tekanan darah tinggi adalah karena dapat menyebabkan proses retensi atau tertahannya air di dalam tubuh.

Kondisi ini akan menyebabkan volume air di dalam pembuluh darah meningkat dan memicu tekanan darah pun ikut naik.

Bagi orang normal, rata-rata konsumsi garam yang dianjurkan per hari adalah satu sendok teh atau sekitar 2.300 mg. Dan bagi penderita hipertensi, asupan garam per harinya lebih kecil lagi yaitu sekitar 1.500 mg.

Takaran garam di atas, sudah termasuk dengan kandungan garam yang ada pada bumbu makanan olahan seperti kecap, saos, penyedap, dan makanan olahan lain yang mengandung garam.

Untuk bisa memastikan takaran garam yang dikonsumsi per hari sesuai kebutuhan, anda bisa mengatasinya dengan mulai memasak makanan sendiri. Sehingga bisa mengatur sendiri kadar garam yang digunakan.

Dan cobalah mulai mengurangi jenis makanan olahan apapun. Karena kadang sumber garam dari makanan olahan inilah yang menyebabkan kita sudah mengonsumsi garam secara berlebihan.

2. Atur Pola Makan yang Sehat

Selain menghindari garam sebagai pemicu utama hipertensi dan juga obesitas, ada beberapa anjuran lain dalam mengatur pola makan saat sedang menjalani metode diet DASH ini.

Karena diet DASH adalah diet alami yang menekankan pada pola makan sehat, maka asupan makanan harus benar-benar diperhatikan.

BACA JUGA: Jangan Bingung Lagi, Inilah 6 Cara Mengatur Pola Makan untuk Diet Pemula yang Efektif Turunkan Berat Badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: