Begini Cara Melakukan Diet DASH, Menurunkan Berat Badan dengan Pola Makan Sehat

Begini Cara Melakukan Diet DASH, Menurunkan Berat Badan dengan Pola Makan Sehat

Ilustrasi cara melakukan diet DASH.-Freepik.com-

BACA JUGA:Ini Dia 8 Pola Makan Sehat untuk Lansia agar Tubuh Selalu Sehat Meski Sudah Tua

Untuk pilihan menu harian cobalah perbanyak konsumsi sayur, dan buah sebagai pemenuhan serat, vitamin dan mineral tubuh.

Sebagai sumber protein dan lemak baik, perbanyak konsumsi olahan susu rendah lemak, ikan,daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan olahan gandum utuh.

Dan makanan yang harus dihindari adalah jenis makanan olahan dengan kandungan lemak dan kolesterol tinggi. Dan juga makanan serta minuman tinggi gula.

3. Makan dalam Porsi yang Pas

Meski sudah mengganti asupan makanan dengan bahan-bahan yang sehat, seperti makanan tinggi serat, protein, vitamin dan mineral, serta menghindari makanan olahan, anda juga perlu mengatur kalori harian yang masuk ke tubuh.

Pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan melebihi kebutuhan kalori harian. Untuk kebutuhan kalori orang dewasa sekitar 2000-2500 kalori per hari.

Sedangkan jika ada tujuan untuk menurunkan berat badan, maka perlu melakukan defisit kalori di bawah batas kebutuhan kalori harian normal tersebut.

BACA JUGA:Selain Dapat Mengatasi Hipertensi, Ini 4 Manfaat Diet DASH yang Tak Kalah Penting bagi Tubuh

Itu tadi kunci melakukan metode diet DASH yang dianjurkan bagi penderita hipertensi, dan juga bisa diterapkan bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Jika memiliki riwayat atau kondisi kesehatan tertentu, pastikan sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan metode diet ini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: