5 Hal Ini Menjadi Tanda Komunikasi yang Sehat dalam Hubungan, Rawatlah Agar Hubunganmu Selalu Harmonis!

5 Hal Ini Menjadi Tanda Komunikasi yang Sehat dalam Hubungan, Rawatlah Agar Hubunganmu Selalu Harmonis!

Tanda komunikasi yang sehat dalam hubungan--freepik.com

Terlebih ketika kamu sedang berada dalam situasi konflik dan sedang saling menjelaskan pandangan masing-masing tentang konflik tersebut, memotong perkataan bisa membuat konflik lebih sulit untuk diselesaikan.

Terkait dengan perasaan, kebiasaan memotong pembicaraan yang merupakan salah satu tanda komunikasi yang sehat dalam hubungan ini juga bisa membuat seseorang merasa tidak dihargai ucapannya.

Membiasakan Komunikasi Tatap Muka

Saat ini, kemudahan teknologi membuatmu bisa berkomunikasi dalam berbagai bentuk dengan pasanganmu, termasuk dalam bentuk teks atau tertulis. Akan tetapi, perlu kamu tahu bahwa kamu tidak bisa mengandalkan pesan teks untuk berkomunikasi dengan pasangan.

Sebab, banyak yang tidak bisa tersampaikan dengan baik jika hanya berkomunikasi melalui saluran ini. Akibatnya, peluang munculnya kesalahpahaman menjadi semakin besar.

Terlebih ketika kamu sedang berada di hubungan jarak jauh dengan pasangan, mengandalkan pesan teks dapat sangat mengancam hubunganmu. Oleh karenanya, selalu biasakan untuk mengedepankan komunikasi tatap muka, baik secara langsung maupun melalui perantara teknologi.

Jika komunikasi tatap muka sudah bukanlah hal yang asing dalam hubunganmu dan menjadi prioritas utama untuk saling menyampaikan pesan, maka artinya sudah ada tanda komunikasi yang sehat dalam hubungan yang kamu jalin.

BACA JUGA Tunjukkan Kepercayaan Dirimu dengan 7 Bahasa Tubuh Positif Ini, Buat Orang Tersihir dengan Komunikasimu!

Membicarakan Hal-Hal Kecil

Hubungan yang sehat membuat pasangan tidak hanya cukup dengan pembicaraan penting saja. Akan tetapi, kamu dan pasangan juga senang membicarakan hal-hal kecil bahkan yang tidak berguna sekalipun. Ini merupakan tanda komunikasi yang sehat dalam hubungan di mana kamu dan pasangan merasa nyaman satu sama lain untuk menghabiskan waktu bersama.

Perlu kamu tahu pula bahwa membicarakan hal-hal kecil dapat mempererat hubunganmu dengan pasangan.

Jujur dan Terbuka

Ingat bahwa kunci utama dari hubungan yang harmonis dan bertahan lama adalah kepercayaan. Sementara kepercayaan tidak bisa dibangun tanpa adanya komunikasi yang jujur dan terbuka.

Maka, tanda komunikasi yang sehat dalam hubungan juga termasuk kebiasaanmu untuk tidak berbohong dalam hal sekecil apa pun. Kamu juga tidak menyembunyikan hal-hal penting dari pasanganmu, kecuali jika menurutmu itu sudah berada di ranah privasi yang tidak boleh dilewati oleh pasangan.

Itulah beberapa tanda komunikasi yang sehat dalam hubungan yang menjadi isyarat bahwa kamu bisa memiliki hubungan yang langgeng nan harmonis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: